Jumat, 13 Maret 2020

Produsen Seni Ukir Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Karanganyar

Produsen Seni Ukir Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Karanganyar . Desa Tumang, Cepogo-Boyolali berada di antara kaki gunung Merapi and Merbabu yg termahsyur . Desa tsb disebut sebagai sentra pengusaha seni ukir kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan kuningan sudah menyatu pada publik Tumang, Cepogo-Boyolali. Banyak keluarga Boyolali-Jateng membangun kerja di rumah kerajinan kuningan buat dipasarkan ke bermacam konsumen. Keahlian mengukir kuningan diwarisi secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Banyak yg menyampaikan bahwa publik Tumang memulai kerja kerajinannya dengan hanya menghasilkan alat keperluan rumah tangga contohnya dandang, panci, baskom, dan lain-lain namun sekarang sudah berubah haluan ke kerajinan kuningan buat keperluan interior masjid, kantor, dan lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali, sekarang ini, mulai menggeliat dengan meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan nasional atau internasional. Kerja kerajinan ukir kuningan terus berkembang pesat. Banyak permintaan datang dari bermacam wilayah di NKRI dan manca negara. Pesanan kerajinan kuningan semakin begitu signifikan ini karena oleh banyak parameter, contohnya yaitu hadirnya teknologi dunia maya. Dgn hadirnya teknologi internet maka mau menolong para industri kerajinan kuningan buat menawarkan produknya ke seluruh wilayah dan berbagai negara. Teknologi internet begitu menolong para industri kerajinan kuningan. Salah satu industri kerajinan kuningan yg tertolong yaitu AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan kuningan ke kutai kartanegara. Tidak hanya tersebut saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan kuningan ke jakarta barat.



Contoh Seni Logam Kuningan yaitu kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, dan lain-lain. Konsumen juga bisa mengorder kerajinan logam sesuai dengan seleranya. Mereka dpt mempunyai rancangan sendiri AA Gallery yg mengerjakannya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yg bertanya-tanya harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan logam begitu bermacam-macam namun AA Gallery mau berupaya memberikan harga yg sesuai. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak parameter. Banyak hal sbb ini yaitu lebih dari satu parameter yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah mahal karena bahan baku yg dipakai bertambah banyak, demikian sebaliknya bertambah mini semestinya harganya juga murah karena bahan yg dipakai juga sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harganya juga menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan semestinya semakin murah), untuk permintaan dari wilayah lainnya semestinya auto ditambah biaya kirim.

Kendala para produsen kerajinan logam nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yg nggak stabil bisa mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Disaat harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam akan mahal. Problem lain, produsen Boyolali-Jateng masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama customer bisa mendapat harga yg sudah ditentukan pengrajin tembaga maka produsen tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh karena tersebut, perajin kerajinan tembaga tetap menginginkan kondisi ekonomi tetap stabil jadi nggak mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai perajin kerajinan logam diharuskan kreatif dan diharuskan memantau selera pasar. Kini AA Gallery nggak hanya mendapat permintaan kerajinan logam yg dibutuhkan buat keperluan interior hotel tapi sudah bertambah pada projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan desain kubah bisa menyesuaikan kemauan customer.

Pada Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg membanggakan yaitu AA Gallery mendapat kepercayaan buat menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat nggak hanya satu sahaja melainkan cukup banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut sudah diresmikan oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka kemudian menjadi sentra kegiatan dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan kuningan dari sorong. Bermodalkan pengalaman puluhan thn menghasilkan seni logam, AA Gallery bertambah paham metode guna menghasilkan seni logam yg berkelas dan cocok yg diinginkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yg penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar