Jumat, 13 Maret 2020

Industri Seni Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Lahat

Industri Seni Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Lahat . Desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah berada di antara kaki pegunungan Merapi & Merbabu yg termahsyur itu. Desa Tumang tersebut dikenal sbg pusat bisnis kerajinan kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pada orang Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Lebih dari satu family Boyolali-Jateng memilih bisnis di rumah kerajinan logam untuk dijual ke banyak pasar. Skill menempa logam dimiliki secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Banyak yg menjelaskan bahwa orang Tumang mengawali bisnis kerajinannya dgn hanya menghasilkan alat keperluan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, panci, alat merebus air, juga lain-lain tapi kini telah berganti ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan dekorasi restoran, rumah, juga lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, kini, mulai memberi harapan dgn meningkatnya orderan, baik orderan lokal maupun luar negeri. Usaha kerajinan ukir kuningan selalu berkembang pesat. Banyak orderan datang dari banyak wilayah di Negeri Kita juga luar negeri. Permintaan kerajinan logam semakin cukup signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya yakni adanya teknologi dunia maya. Dg adanya teknologi website maka akan menolong para ahli kerajinan logam untuk mengenalkan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah juga banyak negara. Teknologi website sangat menolong para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yg terbantu yakni AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan tembaga ke mojokerto. Tak hanya tsb saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke kupang.



Contoh Seni Tembaga yakni kerajinan kaligrafi, robyong, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, juga lainnya. Customer jg bisa memesan kerajinan logam kuningan sesuai dgn keinginannya. Mereka dapat punya rancangan sendiri AA Gallery yg memproduksinya.


Mgkn saja banyak yg bertanya-tanya harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan logam kuningan sangat bermacam-macam tapi AA Gallery akan berupaya memberikan harga yg kompetitif. Harga kerajinan logam kuningan ditentukan oleh banyak faktor. Diantaranya sebagai berikut ini yakni beberapa faktor yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga tentu harganya bertambah tinggi disebabkan bahan yg dipakai bertambah banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mungil tentu harganya juga murah disebabkan bahan yg dipakai juga sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tak sulit, harga jg menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan tentu juga murah), jika orderan dari wilayah lainnya tentu akan dikenai ongkir.

Kendala para perajin kerajinan logam tak sedikit. Kondisi ekonomi yg tak stabil bisa memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan logam. Kalau harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam jg naik. Problem lain, perajin Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama konsumen bisa mendapatkan harga yg telah diambil pengrajin tembaga maka perajin tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh disebabkan tsb, perajin kerajinan tembaga selalu berdoa kondisi ekonomi selalu stabil sehingga tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam.

Sebagai perajin kerajinan logam wajib kreatif juga wajib menyesuaikan selera prospek. Masa ini AA Gallery tak hanya mendapatkan orderan kerajinan logam yg dibutuhkan untuk kebutuhan asesoris kantor tapi telah merambah pada pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid jg bernilai besar. Berkaitan dengan desain kubah bisa mengikuti keinginan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg menyenangkan yakni AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat tak hanya satu saja melainkan banyak.

Islamic Center tsb telah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center tsb maka setelah itu menjadi pusat aktivitas juga ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan orderan kerajinan tembaga dari sawahlunto. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun thn membuat seni kuningan, AA Gallery bertambah mengerti teknik untuk menghasilkan seni kuningan yg memiliki kualitas juga sesuai yg diharapkan oleh semua konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yg urgen konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar