Jumat, 13 Maret 2020

Ahli Seni Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Tulungagung

Ahli Seni Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Tulungagung . Kampung Tumang, Boyolali-Jateng berlokasi di antara kaki gunung Merapi and Merbabu yg banyak dikenal itu. Kampung tersebut dikenal sebagai pusat pengrajin seni kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pada khalayak Tumang, Boyolali-Jateng. Lebih dari satu family Tumang mendirikan kerja rumahan kerajinan logam untuk dijual ke beragam pasar. Ketrampilan menempa logam diwarisi secara turun-temurun dari para pendahulunya. Tidak sedikit yg bercerita bahwa khalayak Tumang memulai kerja kerajinannya dg hanya menghasilkan alat perkakas rumah tangga contohnya dandang, wajan, ceret, dan sebagainya tapi kini telah berganti ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan asesoris restoran, rumah, dan lainnya.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jateng, akhir-akhir ini, mulai menggeliat dg naiknya pesanan, baik pesanan lokal atau manca negara. Bisnis kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh tak terkendali. Banyak pesanan datang dari beragam wilayah di Republik Indonesia dan manca negara. Pesanan kerajinan tembaga bertambah cukup signifikan ini karena oleh banyak faktor, diantaranya adalah hadirnya teknologi website. Dgn hadirnya teknologi internet maka akan menolong para perajin kerajinan logam untuk mempromosikan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah dan banyak negara. Teknologi internet amat menolong para perajin kerajinan logam. Salah satu perajin kerajinan logam yg terbantu adalah AA Gallery. Kini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan tembaga ke bandaaceh. Tdk hanya tsb saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke jayapura.



Contoh Kerajinan Kuningan adalah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, logo, ornamen masjid, bak mandi, dan lainnya. Konsumen juga dpt mengorder kerajinan tembaga sesuai dg kemauannya. Mereka dpt punya rancangan pribadi selanjutnya AA Gallery yg meujudkannya.


Mungkin sahaja banyak yg ingin tahu harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan tembaga amat bermacam-macam tapi AA Gallery akan berupaya memberikan harga yg menarik. Harga kerajinan tembaga ditentukan oleh banyak faktor. Diantaranya sbb ini adalah banyak faktor yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah tinggi karena bahan baku yg digunakan juga banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil sudah sewajarnya harganya juga murah karena bahan yg digunakan juga sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harga juga juga murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan sudah sewajarnya semakin murah), untuk pesanan dari wilayah lain di luar Tumang sudah sewajarnya secara otomatis dikenai biaya kirim.

Problem para pengrajin kerajinan logam tak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tak stabil dpt memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam. Jikalau harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam akan naik. Permasalahan lainnya, pengrajin Tumang masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama pelanggan dpt menerima harga yg telah diambil pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dpt eksis walau minim untung. Oleh karena tsb, pengrajin kerajinan tembaga terus-menerus berharap kondisi ekonomi terus-menerus stabil jadi tak mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai pengrajin kerajinan logam diharuskan kreatif dan diharuskan memantau keinginan konsumen. Kini AA Gallery tak hanya menerima pesanan kerajinan logam yg dibutuhkan untuk kebutuhan hiasan hotel tapi telah bertambah pada produksi kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan ukiran kubah dpt menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pd bln Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg membanggakan adalah AA Gallery menerima kepercayaan untuk menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat tak hanya satu sahaja melainkan banyak.

Islamic Center tsb telah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center tsb maka setelah itu mjd pusat kegiatan dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, kini AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan kuningan dari bekasi. Dengan modal pengalaman puluhan th membuat seni logam, AA Gallery bertambah mengetahui cara untuk menghasilkan seni logam yg memiliki kualitas dan cocok yg diinginkan oleh semua pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meski laba sedikit yg urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar