Jumat, 13 Maret 2020

Pengrajin Seni Ukir Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Intan Jaya

Pengrajin Seni Ukir Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Intan Jaya . Desa Tumang, Cepogo terletak diapit kaki gunung Merapi and Merbabu yang banyak dikenal . Desa tsb dikenal sbg pusat bisnis kerajinan kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan tembaga sudah menyatu pd masyarakat Tumang, Cepogo. Lebih dari satu saudara Jawa Tengah membangun kerja rumahan kerajinan logam untuk dipasarkan ke banyak pasar. Skill mengolah logam diwarisi secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Banyak yang menjelaskan bahwa masyarakat Tumang mengawali kerja kerajinannya dgn sekedar menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga contohnya dandang, panci, ceret, & sebagainya walaupun demikian saat ini sudah berubah haluan ke kerajinan tembaga untuk keperluan eksterior hotel, rumah, & lain-lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Cepogo, kini, mulai bergairah dgn naiknya orderan, baik orderan daerah atau luar negeri. Kerja kerajinan ukir kuningan selalu tumbuh cepat. Banyak orderan datang dari banyak daerah di NKRI & luar negeri. Pesanan kerajinan tembaga mengalami penambahan cukup signifikan ini sebab oleh banyak parameter, contohnya yaitu munculnya teknologi cyber. Dg munculnya teknologi website maka akan memudahkan para industri kerajinan logam untuk mempromosikan kerajinan kuningannya ke semua daerah & banyak negara. Teknologi website memudahkan para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yang tertolong yaitu AA Gallery. Sekarang AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan tembaga ke makassar. Tdk sekedar tersebut saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke medan.



Contoh Seni Logam Kuningan yaitu kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, air mancur, & lain-lain. Customer jg dpt mengorder kerajinan kuningan sesuai dgn keinginannya. Mereka dapat memiliki design pribadi selanjutnya AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan kuningan beragam walaupun demikian AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan kuningan ditentukan oleh banyak parameter. Dibawah ini ini yaitu banyak parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga semestinya harganya semakin mahal sebab bahan baku yang digunakan juga banyak, demikian sebaliknya semakin mini semestinya harganya juga murah sebab bahan yang digunakan juga sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin mudah, harganya jg menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak orderan semestinya semakin murah), jika orderan dari daerah lain di luar Tumang semestinya secara otomatis dikenai ongkir.

Permasalahan para industri kerajinan tembaga tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil dpt memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan tembaga. Jikalau harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan tembaga akan mahal. Permasalahan lain-lain, industri Cepogo-Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan dpt menerima harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka industri tembaga dpt eksis walau minim untung. Oleh sebab tersebut, pengrajin kerajinan tembaga tetap bermimpi kondisi ekonomi tetap stabil jadi tidak mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan tembaga harus inovatif & harus memantau permintaan pasar. Sekarang ini AA Gallery tidak sekedar menerima orderan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan hiasan hotel tetapi sudah bertambah pd proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg terbilang besar. Berkaitan dengan ukiran kubah dpt menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang keren yaitu AA Gallery menerima kepercayaan untuk menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tidak sekedar satu sahaja melainkan sangat banyak.

Islamic Center tersebut sudah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center tersebut maka selanjutnya mjd pusat kegiatan & ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi warga Indonesia.

Sesudah berpengalaman sejak th 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima orderan kerajinan tembaga dari bekasi. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun th memproduksi kerajinan tembaga, AA Gallery semakin tahu teknik guna menghasilkan kerajinan tembaga yang berkualiti & cocok yang diharapkan oleh semua pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah untung sedikit yang urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar