Kamis, 12 Maret 2020

Industri Seni Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Gianyar

Industri Seni Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Gianyar . Desa Tumang, Cepogo-Boyolali berlokasi diapit lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yang termahsyur . Desa tsb disebut sebagai pusat ahli seni ukir tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan logam tembaga sudah menyatu pd publik Tumang, Cepogo-Boyolali. Lebih dari satu keluarga Boyolali-Jateng mendirikan bisnis rumahan kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke banyak pasar. Ketrampilan mengolah kuningan dimiliki secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yang menyampaikan bahwa publik Tumang memulai bisnis kerajinannya dgn sekedar menghasilkan alat keperluan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, wajan, ceret, serta sebagainya namun saat ini sudah bertolak ke kerajinan logam tembaga untuk kebutuhan eksterior hotel, rumah, serta lain.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di desa Tumang, Cepogo-Boyolali, saat ini, mulai bergairah dgn meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan daerah dan juga manca negara. Bisnis kerajinan ukir tembaga tetap tumbuh tak terkendali. Banyak pesanan berdatangan dari banyak daerah di Negara Tercinta serta luar negeri. Permintaan kerajinan logam bertambah begitu signifikan ini karena oleh banyak parameter, contohnya yaitu munculnya teknologi website. Dengan munculnya teknologi internet maka akan membantu para produsen kerajinan kuningan untuk mempromosikan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah serta manca negara. Teknologi internet begitu membantu para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yang tertolong yaitu AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan kuningan ke pontianak. Tdk sekedar tsb saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke pagaralam.



Contoh Kerajinan Logam yaitu kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, air mancur, serta lainnya. Pelanggan juga bisa memesan kerajinan logam sesuai dgn keinginannya. Mereka dapat memiliki rancangan sendiri AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin saja banyak yang ingin tahu harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan logam begitu beragam namun AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan logam ditentukan oleh banyak parameter. Berikut ini yaitu lebih dari satu parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah tinggi karena bahan baku yang dipakai semakin banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil tentu saja harganya juga murah karena bahan yang dipakai juga sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harganya juga menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentu saja juga murah), jika pesanan dari daerah lain tentu saja akan ditambah biaya kirim.

Permasalahan para pengrajin kerajinan logam tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil bisa mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Jika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam akan naik. Permasalahan lain, pengrajin Boyolali-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama konsumen bisa mendapatkan harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga bisa eksis meskipun minim untung. Oleh karena tsb, pebisnis kerajinan tembaga selalu menginginkan kondisi ekonomi selalu stabil sehingga tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam.

Sebagai pebisnis kerajinan logam wajib kreatif serta wajib memantau selera masyarakat. Sekarang ini AA Gallery tdk sekedar mendapatkan pesanan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk kebutuhan eksterior kantor tetapi sudah merambah pd pengerjaan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan design kubah bisa mengikuti kemauan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan yaitu AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk menghasilkan serta memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tdk sekedar satu sahaja tapi sangat banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb sudah dibuka oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tsb maka kemudian menjadi pusat aktivitas serta ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah berpengalaman semenjak th 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan tembaga dari sorong. Bermodal pengalaman puluhan th memproduksi seni kuningan, AA Gallery bertambah mengetahui teknik untuk menghasilkan seni kuningan yang ber-quality serta cocok yang diinginkan oleh seluruh konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yang penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar