Jumat, 13 Maret 2020

Bisnis Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Siak

Bisnis Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Siak . Perkampungan Tumang, Boyolali lokasinya diapit kaki gunung Merapi dan Merbabu yang terkenal . Perkampungan tersebut disebut sbg sentra pengrajin seni kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam sudah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Boyolali. Lebih dari satu saudara Cepogo memilih bisnis rumahan kerajinan kuningan buat dipasarkan ke banyak konsumen. Skill menempa kuningan dimiliki secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Banyak yang menceritakan bahwa masyarakat Tumang mengawali bisnis kerajinannya dgn sekedar memproduksi alat keperluan rumah tangga seperti dandang, wajan, baskom, serta lain-lain walau demikian sekarang ini sudah beralih ke kerajinan logam buat keperluan interior cafe, gedung, serta lain-lain.





Seni ukir tembaga serta kuningan di desa Tumang, Boyolali, akhir-akhir ini, mulai menggeliat dgn naiknya permintaan, baik permintaan lokal ataupun manca negara. Bisnis kerajinan ukir kuningan terus berkembang pesat. Banyak permintaan berdatangan dari banyak wilayah di NKRI serta luar negeri. Orderan kerajinan logam tembaga meningkat cukup signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, diantaranya adalah munculnya teknologi website. Dengan munculnya teknologi internet maka mau membantu para produsen kerajinan kuningan buat menawarkan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah serta banyak negara. Teknologi internet begitu membantu para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yang tertolong adalah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan kuningan ke blitar. Tidak sekedar itu saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke pekanbaru.



Contoh Seni Tembaga adalah kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, kubah masjid, air mancur, serta lainnya. Pembeli jg bisa memesan kerajinan tembaga sesuai dgn kemauannya. Mereka dpt mempunyai rancangan pribadi setelah itu AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan tembaga begitu bermacam-macam walau demikian AA Gallery mau berupaya memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak parameter. Diantaranya sebagai berikut ini adalah beberapa parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah mahal dikarenakan bahan baku yang dipakai juga banyak, demikian jg sebaliknya bertambah kecil semestinya harganya jg murah dikarenakan bahan yang dipakai jg sedikit), tingkat kesulitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tak sulit, harga jg juga murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan semestinya juga murah), untuk permintaan dari wilayah lainnya semestinya secara otomatis ditambah biaya kirim.

Permasalahan para pebisnis kerajinan tembaga nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil bisa mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Jikalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan tembaga akan naik. Permasalahan lain-lain, pebisnis Cepogo masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan bisa menerima harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh dikarenakan itu, pebisnis kerajinan tembaga terus-menerus ingin kondisi ekonomi terus-menerus stabil sehingga nggak mengganggu bisnis bisnis kerajinan tembaga.

Sebagai pebisnis kerajinan tembaga harus inovatif serta harus menyesuaikan selera prospek. Sekarang AA Gallery nggak sekedar menerima permintaan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat keperluan hiasan hotel tetapi sudah bertambah pada projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid jg bernilai besar. Berhubungan dengan desain kubah bisa menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pd Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan adalah AA Gallery menerima kepercayaan buat memproduksi serta memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi nggak sekedar satu saja melainkan begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah dibuka secara resmi oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka selanjutnya menjadi sentra aktivitas serta ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman sejak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima permintaan kerajinan tembaga dari salatiga. Berbekal pengalaman puluhan thn berkarya seni tembaga, AA Gallery bertambah paham metode guna memproduksi seni tembaga yang berkelas serta cocok yang diharapkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yang urgen pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar