Kamis, 12 Maret 2020

Bisnis Kerajinan Tembaga Melayani Pasar Kota Tebing Tinggi

Bisnis Kerajinan Tembaga Melayani Pasar Kota Tebing Tinggi . Perkampungan Tumang, Boyolali posisinya di antara kaki gunung Merapi dan Merbabu yg terkenal itu. Perkampungan tersebut disebut sbg sentra ahli kerajinan kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam telah menyatu pd khalayak Tumang, Boyolali. Banyak saudara Boyolali-Jawa Tengah mendirikan usaha rumahan kerajinan kuningan buat dijual ke beragam pasar. Skill mengukir kuningan didapati secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yg menceritakan bahwa khalayak Tumang mengawali usaha kerajinannya dengan sekadar memproduksi alat perkakas rumah tangga contohnya alat menanak nasi, wajan, baskom, dan lain-lain tetapi masa ini telah berubah haluan ke kerajinan logam buat keperluan ornamen hotel, gedung, dan lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Boyolali, masa ini, mulai menarik dengan naiknya jumlah pesanan, baik pesanan daerah maupun manca negara. Kerja kerajinan ukir kuningan tetap berkembang pesat. Banyak pesanan datang dari beragam wilayah di Negeri Kita dan luar negeri. Orderan kerajinan logam meningkat sangat signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, contohnya adalah munculnya teknologi website. Dengan munculnya teknologi internet maka ingin membantu para produsen kerajinan kuningan buat menawarkan produknya ke semua wilayah dan banyak negara. Teknologi internet membantu para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yg terbantu adalah AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan tembaga ke denpasar. Tak sekadar tersebut saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke medan.



Contoh Kerajinan Kuningan adalah kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, dan lain-lain. Konsumen jg bisa mengorder kerajinan kuningan sesuai dengan kemauannya. Mereka dpt mempunyai desain pribadi kemudian AA Gallery yg meujudkannya.


Mungkin tidak sedikit yg menanyakan harga kerajinan logam kuningan tersebut. Harga kerajinan kuningan beraneka ragam tetapi AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yg kompetitif. Harga kerajinan kuningan dipengaruhi oleh banyak parameter. Berikut ini adalah lebih dari satu parameter yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentunya harganya semakin mahal dikarenakan bahan yg dipakai semakin banyak, demikian sebaliknya semakin kecil tentunya harganya semakin murah dikarenakan bahan yg dipakai semakin sedikit), level kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin gampang, harga jg menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan tentunya juga murah), untuk pesanan dari wilayah lain tentunya secara otomatis ditambah biaya kirim.

Kendala para perajin kerajinan logam kuningan tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil bisa memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam kuningan jg naik. Problem lain, perajin Boyolali masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan bisa meraih harga yg telah ditetapkan pengrajin tembaga maka perajin tembaga bisa eksis walau minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, perajin kerajinan tembaga kontinyu berdoa kondisi ekonomi kontinyu stabil shngg tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai perajin kerajinan logam kuningan wajib inovatif dan wajib menyesuaikan keinginan pasar. Masa ini AA Gallery tidak sekadar meraih pesanan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan buat keperluan asesoris hotel tapi telah bertambah pd pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg terbilang besar. Tentang design kubah bisa mengikuti keinginan pelanggan.

Pada Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg menyenangkan adalah AA Gallery meraih kepercayaan buat memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat tidak sekadar satu saja akan tetapi cukup banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut telah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka selanjutnya menjadi sentra aktivitas dan ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Indonesia.

Sesudah berpengalaman semenjak thn 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk meraih pesanan kerajinan kuningan dari tidore kepulauan. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun thn menghasilkan seni tembaga, AA Gallery semakin paham metode untuk memproduksi seni tembaga yg berkelas dan sesuai yg diharapkan oleh seluruh pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yg penting pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar