Minggu, 08 Maret 2020

Pengrajin Seni Logam Tembaga Melayani Prospek Kota Padangsidimpuan

Pengrajin Seni Logam Tembaga Melayani Prospek Kota Padangsidimpuan . Desa Tumang, Jawa Tengah lokasinya di antara lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yang termahsyur . Desa tsb dikenal sebagai pusat perajin seni tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan logam telah mendarah daging pada orang Tumang, Jawa Tengah. Lebih dari satu saudara Cepogo-Jawa Tengah membangun usaha rumahan kerajinan logam untuk dipasarkan ke banyak konsumen. Skill mengolah logam dimiliki secara turun-temurun dari orang tuanya. Banyak yang menyampaikan bahwa orang Tumang memulai usaha kerajinannya dgn sekedar memproduksi alat keperluan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, wajan, ceret, & lainnya walau demikian kini telah berubah haluan ke kerajinan logam untuk keperluan ornamen cafe, kantor, & lainnya.





Seni ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Jawa Tengah, baru-baru ini, mulai menarik dgn meningkatnya pesanan, baik pesanan nasional maupun luar negeri. Bisnis kerajinan ukir tembaga terus berkembang tak terelakan. Banyak pesanan berdatangan dari banyak wilayah di Negara Tercinta & luar negeri. Pesanan kerajinan logam tembaga mengalami kenaikan cukup signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya yaitu adanya teknologi dunia maya. Dengan adanya teknologi website maka akan menolong para perajin kerajinan logam untuk menawarkan kerajinan tembaganya ke semua wilayah & manca negara. Teknologi website menolong para perajin kerajinan logam. Salah satu perajin kerajinan logam yang terbantu yaitu AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt menawarkan produk kerajinan kuningan ke jayapura. Tak sekedar tersebut saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke palu.



Contoh Seni Logam yaitu kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, air mancur, & lainnya. Pelanggan jg dpt mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dgn kemauannya. Mereka bisa memiliki desain pribadi AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin banyak yang menanyakan harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan logam tembaga beragam walau demikian AA Gallery akan berupaya memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam tembaga disebabkan oleh banyak faktor. Diantaranya sbb ini yaitu lebih dari satu faktor yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin mahal disebabkan bahan baku yang digunakan semakin banyak, demikian juga sebaliknya semakin kecil sudah sewajarnya harganya semakin murah disebabkan bahan yang digunakan semakin sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian juga sebaliknya semakin tidak sulit, harga jg menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan sudah sewajarnya semakin murah), jika pesanan dari wilayah lain di luar Tumang sudah sewajarnya akan dikenai biaya kirim.

Permasalahan para industri kerajinan tembaga tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dpt mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Jikalau harga lempengan logam naik maka harga kerajinan tembaga akan naik. Problem lainnya, industri Tumang masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama pelanggan dpt menerima harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka industri tembaga dpt eksis walau demikian minim untung. Oleh disebabkan tersebut, ahli kerajinan tembaga terus-menerus ingin stabilitas ekonomi terus-menerus stabil shngg tidak mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai ahli kerajinan tembaga harus inovatif & harus menyesuaikan keinginan pasar. Masa ini AA Gallery tidak sekedar menerima pesanan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan hiasan rumah tetapi telah merambah pada pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg bernilai besar. Berhubungan dengan hiasan kubah dpt menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menarik yaitu AA Gallery menerima kepercayaan untuk memproduksi & memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tidak sekedar satu saja tetapi sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka selanjutnya menjadi pusat aktivitas & ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman sejak tahun 1990-an, kini AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan kuningan dari metro. Berbekal pengalaman puluhan tahun berkarya kerajinan tembaga, AA Gallery semakin tahu metode untuk memproduksi kerajinan tembaga yang berkelas & cocok yang diinginkan oleh seluruh pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang penting pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar