Jumat, 13 Maret 2020

Bisnis Seni Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Sigi

Bisnis Seni Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Sigi . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng posisinya diapit lereng pegunungan Merapi & Merbabu yg terkenal . Perkampungan Tumang tersebut diketahui sbg pusat ahli kerajinan kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam sudah menyatu pd khalayak Tumang, Boyolali-Jateng. Lebih dari satu saudara Boyolali membangun usaha di rumah kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke beragam pasar. Ketrampilan mengolah tembaga dipunyai secara turun-temurun dari para pendahulunya. Tidak sedikit yg bercerita bahwa khalayak Tumang mengawali usaha kerajinannya dg sekedar membuat alat keperluan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, teko, dan lain-lain akan tetapi sekarang ini sudah berganti ke kerajinan logam untuk keperluan interior cafe, rumah, dan lainnya.





Seni ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jateng, kini, mulai bergairah dg meningkatnya permintaan, baik permintaan nasional atau luar negeri. Usaha kerajinan ukir kuningan terus tumbuh cepat. Banyak permintaan datang dari beragam wilayah di Republik Indonesia dan luar negeri. Pesanan kerajinan kuningan bertambah begitu signifikan ini karena oleh banyak variabel, diantaranya yakni adanya teknologi website. Dengan adanya teknologi internet maka mau memudahkan para industri kerajinan tembaga untuk mempromosikan produknya ke semua wilayah dan berbagai negara. Teknologi internet memudahkan para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yg terbantu yakni AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan kuningan ke banjarbaru. Nggak sekedar itu saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke sawahlunto.



Contoh Seni Logam Tembaga yakni lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, air mancur, dan lain-lain. Pembeli jg bisa mengorder kerajinan logam sesuai dg seleranya. Mereka dpt memiliki design sendiri kemudian AA Gallery yg meujudkannya.


Mgkn saja tidak sedikit yg bertanya-tanya harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan logam bervariasi akan tetapi AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yg kompetitif. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak variabel. Contohnya berikut ini ini yakni banyak variabel yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin mahal karena bahan yg dipakai semakin banyak, demikian sebaliknya semakin mini sudah sewajarnya harganya juga murah karena bahan yg dipakai juga sedikit), level kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harga jg juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan sudah sewajarnya semakin murah), untuk permintaan dari wilayah lainnya di luar Tumang sudah sewajarnya mau-tidak mau ditambah biaya kirim.

Kendala para perajin kerajinan kuningan tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yg tdk stabil bisa memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan kuningan. Kalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan kuningan jg mahal. Problem lainnya, perajin Jateng masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama konsumen bisa memperoleh harga yg sudah ditentukan pengrajin tembaga maka perajin tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh karena itu, pengrajin kerajinan tembaga selalu ingin kondisi ekonomi selalu stabil jadi tdk mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan kuningan diwajibkan inovatif dan diwajibkan menyesuaikan selera pasar. Kini AA Gallery tdk sekedar memperoleh permintaan kerajinan kuningan yg dibutuhkan untuk keperluan eksterior hotel tapi sudah bertambah pd pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Mengenai desain kubah bisa menyesuaikan kemauan konsumen.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg menarik yakni AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tdk sekedar satu saja melainkan banyak.

Islamic Center itu sudah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center itu maka selanjutnya mjd pusat aktivitas dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Indonesia.

Sesudah berpengalaman semenjak th 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh permintaan kerajinan tembaga dari bekasi. Berbekal pengalaman puluhan th berkarya seni kuningan, AA Gallery semakin tahu metode untuk membuat seni kuningan yg berkelas dan sesuai yg diharapkan oleh semua konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yg urgen konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar