Jumat, 13 Maret 2020

Perajin Kerajinan Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Kepahiang

Perajin Kerajinan Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Kepahiang . Perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah lokasinya diapit lereng gunung Merapi & Merbabu yang banyak dikenal . Perkampungan Tumang tersebut dikenal sebagai sentra ahli seni ukir tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan kuningan telah mendarah daging pd publik Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Lebih dari satu keluarga Jawa Tengah memilih usaha di rumah kerajinan logam untuk ditawarkan ke banyak konsumen. Skill mengukir logam didapati secara turun-temurun dari pendahulunya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa publik Tumang mengawali usaha kerajinannya dgn sekedar menghasilkan alat perkakas rumah tangga contohnya dandang, panci, baskom, serta lain-lain tetapi masa ini telah beralih ke kerajinan kuningan untuk keperluan ornamen cafe, rumah, serta lain-lain.





Seni ukir tembaga serta kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, baru-baru ini, mulai bergairah dgn meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan nasional ataupun luar negeri. Usaha kerajinan ukir tembaga terus tumbuh cepat. Banyak pesanan berdatangan dari banyak wilayah di Republik Indonesia serta luar negeri. Orderan kerajinan logam tembaga mengalami kenaikan begitu signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya merupakan adanya teknologi internet. Dgn adanya teknologi internet maka akan memudahkan para pengrajin kerajinan logam untuk mengenalkan kerajinan kuningannya ke semua wilayah serta banyak negara. Teknologi internet memudahkan para pengrajin kerajinan logam. Salah satu pengrajin kerajinan logam yang terbantu merupakan AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan tembaga ke bima. Nggak sekedar itu saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke bukit tinggi.



Contoh Seni Tembaga merupakan kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, serta lain-lain. Pembeli juga bisa memesan kerajinan logam sesuai dgn seleranya. Mereka bisa punya design pribadi AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan logam bervariasi tetapi AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam disebabkan oleh banyak faktor. Berikut ini ini merupakan lebih dari satu faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah mahal disebabkan bahan yang digunakan jg banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil tentunya harganya semakin murah disebabkan bahan yang digunakan semakin sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah tak sulit, harganya juga semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentunya juga murah), jika pesanan dari wilayah lainnya tentunya mau-tidak mau dikenai biaya kirim.

Problem para industri kerajinan tembaga tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil bisa mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Kalau harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan tembaga jg mahal. Permasalahan lain-lain, industri Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer bisa menerima harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka industri tembaga bisa eksis walau minim untung. Oleh disebabkan itu, ahli kerajinan tembaga kontinyu ingin stabilitas ekonomi kontinyu stabil shngg tidak mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai ahli kerajinan tembaga diharuskan kreatif serta diharuskan menyesuaikan selera masyarakat. Masa ini AA Gallery tidak sekedar menerima pesanan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan hiasan hotel namun telah bertambah pd projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan hiasan kubah bisa menyesuaikan keinginan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menarik merupakan AA Gallery menerima kepercayaan untuk menghasilkan serta memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tidak sekedar satu sahaja tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu telah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka kemudian mjd sentra kegiatan serta ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Setelah berpengalaman sejak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan tembaga dari kendari. Dengan modal pengalaman puluhan tahun menghasilkan seni logam, AA Gallery bertambah paham metode untuk menghasilkan seni logam yang berkualitas serta sesuai yang diharapkan oleh semua customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yang urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar