Kamis, 12 Maret 2020

Pengusaha Kerajinan Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Purwakarta

Pengusaha Kerajinan Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Purwakarta . Kampung Tumang, Jawa Tengah berlokasi diapit lereng gunung Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal itu. Kampung tsb diketahui sebagai pusat pengrajin seni ukir kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan logam telah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Jawa Tengah. Beberapa family Cepogo-Jawa Tengah mendirikan bisnis rumahan kerajinan tembaga buat dipasarkan ke beragam konsumen. Ketrampilan mengolah tembaga didapatkan secara turun-temurun dari pendahulunya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa masyarakat Tumang mengawali bisnis kerajinannya dengan sekedar menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, panci, baskom, dan sebagainya akan tetapi kini telah beralih ke kerajinan logam buat keperluan interior cafe, gedung, dan lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Jawa Tengah, kini, mulai menggeliat dengan meningkatnya orderan, baik orderan nasional ataupun manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan selalu berkembang tak terkendali. Banyak orderan datang dari beragam wilayah di NKRI dan luar negeri. Pesanan kerajinan logam meningkat sangat signifikan ini sebab oleh banyak parameter, diantaranya yakni munculnya teknologi dunia maya. Dengan munculnya teknologi internet maka mau menolong para ahli kerajinan tembaga buat mengenalkan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah dan banyak negara. Teknologi internet cukup menolong para ahli kerajinan tembaga. Salah satu ahli kerajinan tembaga yang tertolong yakni AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan tembaga ke sibolga. Tidak sekedar tsb saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke binjai.



Contoh Seni Logam Tembaga yakni kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, dan lain-lain. Konsumen jg dpt mengorder kerajinan kuningan sesuai dengan keinginannya. Mereka dapat mempunyai rancangan sendiri selanjutnya AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn sahaja banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tembaga tsb. Harga kerajinan kuningan cukup bermacam-macam akan tetapi AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan kuningan ditentukan oleh banyak parameter. Berikut ini yakni beberapa parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentu harganya semakin tinggi sebab bahan yang dimanfaatkan bertambah banyak, demikian juga sebaliknya semakin kecil tentu harganya juga murah sebab bahan yang dimanfaatkan juga sedikit), level kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin tak sulit, harganya jg juga murah), kuantitas ( semakin banyak orderan tentu juga murah), untuk orderan dari wilayah lain di luar Tumang tentu akan ditambah ongkir.

Permasalahan para industri kerajinan logam tembaga tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil dpt memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Jikalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam tembaga juga naik. Problem lain, industri Boyolali-Jateng masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama konsumen dpt mendapat harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka industri tembaga dpt eksis meskipun minim untung. Oleh sebab tsb, pengrajin kerajinan tembaga kontinyu bermimpi kondisi ekonomi kontinyu stabil jadi tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan logam tembaga wajib inovatif dan wajib memantau keinginan masyarakat. Sekarang AA Gallery tak sekedar mendapat orderan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan buat keperluan eksterior rumah namun telah merambah pd projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan design kubah dpt menyesuaikan kemauan konsumen.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan yakni AA Gallery mendapat kepercayaan buat menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tak sekedar satu sahaja melainkan banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tsb maka setelah itu mjd pusat aktivitas dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, kini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan tembaga dari pekalongan. Dengan modal pengalaman puluhan th membuat kerajinan kuningan, AA Gallery semakin mengetahui teknik untuk menghasilkan kerajinan kuningan yang berkualitas dan sesuai yang diharapkan oleh seluruh konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang urgen konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar