Minggu, 08 Maret 2020

Industri Kerajinan Logam Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Lombok Utara

Industri Kerajinan Logam Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Lombok Utara . Kampung Tumang, Boyolali berada diapit lereng gunung Merapi dan Merbabu yang terkenal . Kampung Tumang tsb disebut sbg sentra ahli kerajinan kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan kuningan sudah mendarah daging pd orang Tumang, Boyolali. Beberapa family Jawa Tengah membangun kerja rumahan kerajinan logam untuk ditawarkan ke beragam pasar. Keahlian mengukir logam diwarisi secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa orang Tumang mengawali kerja kerajinannya dengan cuma menghasilkan alat keperluan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, panci, ceret, and sebagainya tapi kini sudah berubah haluan ke kerajinan kuningan untuk keperluan asesoris hotel, kantor, and lain-lain.





Seni ukir tembaga and kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali, sekarang ini, mulai memberi harapan dengan meningkatnya orderan, baik orderan lokal dan juga internasional. Kerja kerajinan ukir kuningan tetap berkembang tak terkendali. Banyak orderan datang dari beragam wilayah di Republik Indonesia and manca negara. Orderan kerajinan tembaga bertambah cukup signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya yakni munculnya teknologi website. Dgn munculnya teknologi website maka akan menolong para ahli kerajinan logam untuk mengiklankan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah and berbagai negara. Teknologi website amat menolong para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yang tertolong yakni AA Gallery. Kini AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan kuningan ke pontianak. Tdk cuma tersebut saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke lubuklinggau.



Contoh Seni Kuningan yakni robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, and lainnya. Customer juga dapat mengorder kerajinan sesuai dengan seleranya. Mereka bisa punya desain pribadi kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin saja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam kuningan tersebut. Harga kerajinan amat bermacam-macam tapi AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan dipengaruhi oleh banyak faktor. Berikut ini ini yakni lebih dari satu faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentu harganya semakin mahal disebabkan bahan yang dipakai juga banyak, demikian sebaliknya semakin mungil tentu harganya juga murah disebabkan bahan yang dipakai juga sedikit), level kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harganya juga juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan tentu juga murah), jika orderan dari wilayah lainnya tentu otomatis ditambah biaya kirim.

Kendala para industri kerajinan logam kuningan nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil dapat mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Disaat harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam kuningan juga mahal. Permasalahan lain-lain, industri Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama konsumen dapat memperoleh harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka industri tembaga dapat eksis walaupun minim untung. Oleh disebabkan tersebut, perajin kerajinan tembaga tetap berdoa stabilitas ekonomi tetap stabil shngg nggak mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai perajin kerajinan logam kuningan diharuskan kreatif and diharuskan memantau keinginan masyarakat. Sekarang AA Gallery nggak cuma memperoleh orderan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan dekorasi kantor namun sudah bertambah pd pengerjaan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga bernilai besar. Mengenai hiasan kubah dapat mengikuti keinginan konsumen.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan yakni AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk menghasilkan and memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan nggak cuma satu sahaja tetapi sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut sudah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka kemudian mjd sentra kegiatan and ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, kini AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan tembaga dari tanjung pinang. Bermodal pengalaman puluhan tahun membuat kerajinan logam, AA Gallery semakin mengerti metode untuk menghasilkan kerajinan logam yang berkualitas and sesuai yang diinginkan oleh seluruh konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yang urgen konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar