Jumat, 13 Maret 2020

Bisnis Seni Ukir Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Lombok Tengah

Bisnis Seni Ukir Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Lombok Tengah . Desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah terletak diapit kaki gunung Merapi dan Merbabu yg termahsyur itu. Desa Tumang tsb dikenal sebagai sentra perajin seni kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan tembaga sudah mendarah daging pada publik Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Lebih dari satu saudara Boyolali-Jawa Tengah mendirikan bisnis di rumah kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke bermacam konsumen. Keahlian menempa kuningan didapati secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yg menjelaskan bahwa publik Tumang mengawali bisnis kerajinannya dengan hanya membuat alat keperluan rumah tangga seperti alat menanak nasi, panci, alat merebus air, dan lain-lain tapi saat ini sudah beralih ke kerajinan tembaga untuk keperluan asesoris cafe, kantor, dan lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, sekarang ini, mulai memberi harapan dengan meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan lokal maupun luar negeri. Kerja kerajinan ukir kuningan semakin berkembang pesat. Banyak permintaan datang dari bermacam wilayah di Indonesia dan luar negeri. Pesanan kerajinan kuningan semakin begitu signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, diantaranya yaitu hadirnya teknologi dunia maya. Dengan hadirnya teknologi internet maka mau menolong para pengrajin kerajinan kuningan untuk mengiklankan kerajinan kuningannya ke semua wilayah dan berbagai negara. Teknologi internet cukup menolong para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yg terbantu yaitu AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan tembaga ke pasuruan. Tdk hanya tersebut saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke probolinggo.



Contoh Seni Logam Tembaga yaitu kerajinan kaligrafi, robyong, relief, bowl, lampu dinding, kubah masjid, air mancur, dan lainnya. Customer jg dapat mengorder kerajinan tembaga sesuai dengan seleranya. Mereka bisa memiliki rancangan sendiri lalu AA Gallery yg mengerjakannya.


Mgkn saja tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan tembaga cukup bervariasi tapi AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yg menarik. Harga kerajinan tembaga dipengaruhi oleh banyak variabel. Contohnya berikut ini ini yaitu banyak variabel yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin mahal dikarenakan bahan baku yg digunakan semakin banyak, demikian jg sebaliknya semakin mungil sudah sewajarnya harganya semakin murah dikarenakan bahan yg digunakan semakin sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian jg sebaliknya semakin gampang, harga jg menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan sudah sewajarnya semakin murah), jika permintaan dari wilayah lain di luar Tumang sudah sewajarnya secara otomatis dikenai biaya kirim.

Problem para produsen kerajinan logam nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yg nggak stabil dapat mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam. Jika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam jg naik. Problem lain, produsen Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama customer dapat menerima harga yg sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka produsen tembaga dapat eksis meski minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, ahli kerajinan tembaga terus-menerus berdoa kondisi ekonomi terus-menerus stabil shngg nggak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam.

Sebagai ahli kerajinan logam harus kreatif dan harus memantau keinginan pasar. Sekarang ini AA Gallery nggak hanya menerima permintaan kerajinan logam yg dibutuhkan untuk keperluan asesoris rumah tapi sudah bertambah pada pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Tentang hiasan kubah dapat menyesuaikan keinginan customer.

Pd Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg keren yaitu AA Gallery menerima kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi nggak hanya satu saja tetapi cukup banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut sudah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka kemudian mjd sentra kegiatan dan ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman semenjak thn 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima permintaan kerajinan kuningan dari medan. Dengan modal pengalaman puluhan thn membuat kerajinan tembaga, AA Gallery semakin mengerti metode untuk membuat kerajinan tembaga yg bermutu dan sesuai yg diharapkan oleh semua customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yg penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar