Minggu, 08 Maret 2020

Industri Kerajinan Logam Melayani Pasar Kabupaten Ende

Industri Kerajinan Logam Melayani Pasar Kabupaten Ende . Desa Tumang, Boyolali berada di antara kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang termahsyur . Desa Tumang tsb disebut sbg sentra bisnis kerajinan tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam kuningan sudah mendarah daging pd publik Tumang, Boyolali. Banyak saudara Jateng memilih usaha di rumah kerajinan logam buat ditawarkan ke berbagai konsumen. Keahlian menempa logam dipunyai secara turun-temurun dari orang tuanya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa publik Tumang mengawali usaha kerajinannya dg sekedar memproduksi alat keperluan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, ceret, and sebagainya tapi kini sudah berganti ke kerajinan logam kuningan buat keperluan asesoris restoran, rumah, and lain.





Seni ukir tembaga and kuningan di kampung Tumang, Boyolali, baru-baru ini, mulai menarik dg meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan nasional dan juga luar negeri. Usaha kerajinan ukir tembaga tetap tumbuh tak terelakan. Banyak pesanan datang dari berbagai daerah di NKRI and manca negara. Orderan kerajinan tembaga semakin signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, diantaranya adalah munculnya teknologi cyber. Dengan munculnya teknologi internet maka ingin menolong para produsen kerajinan logam buat mengiklankan produknya ke seluruh daerah and berbagai negara. Teknologi internet cukup menolong para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yang terbantu adalah AA Gallery. Kini AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan tembaga ke tomohon. Tak sekedar tersebut saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan kuningan ke yogyakarta.



Contoh Seni Kuningan adalah kerajinan kaligrafi, robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, air mancur, and lain-lain. Pelanggan jg dpt memesan kerajinan logam sesuai dg seleranya. Mereka bisa memiliki design pribadi kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan kuningan tersebut. Harga kerajinan logam cukup bervariasi tapi AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak variabel. Dibawah ini ini adalah lebih dari satu variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah tinggi disebabkan bahan yang digunakan juga banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil tentu saja harganya juga murah disebabkan bahan yang digunakan juga sedikit), tingkat kesulitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah gampang, harganya jg menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentu saja juga murah), untuk pesanan dari daerah lainnya tentu saja akan dikenai ongkir.

Permasalahan para pengusaha kerajinan kuningan tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil dpt memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan kuningan. Kalau harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan kuningan juga mahal. Permasalahan lain, pengusaha Tumang masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer dpt memperoleh harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dpt eksis walaupun demikian minim untung. Oleh disebabkan tersebut, produsen kerajinan tembaga kontinyu menginginkan kondisi ekonomi kontinyu stabil shngg tak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai produsen kerajinan kuningan harus inovatif and harus memantau permintaan masyarakat. Sekarang AA Gallery tak sekedar memperoleh pesanan kerajinan kuningan yang dibutuhkan buat keperluan interior kantor tetapi sudah merambah pd pengerjaan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Tentang ukiran kubah dpt mengikuti keinginan customer.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan adalah AA Gallery memperoleh kepercayaan buat memproduksi and memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tak sekedar satu sahaja akan tetapi banyak.

Islamic Center tersebut sudah dibuka secara resmi oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center tersebut maka selanjutnya mjd sentra aktivitas and ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk memperoleh pesanan kerajinan tembaga dari pariaman. Bermodal pengalaman berpuluh tahun th menghasilkan seni kuningan, AA Gallery bertambah mengetahui teknik untuk memproduksi seni kuningan yang berkualiti and cocok yang diharapkan oleh semua customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar