Minggu, 08 Maret 2020

Ahli Kerajinan Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Enrekang

Ahli Kerajinan Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Enrekang . Desa Tumang, Jawa Tengah terletak diapit lereng gunung Merapi & Merbabu yg banyak dikenal itu. Desa Tumang tsb disebut sbg pusat pengusaha seni ukir kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan kuningan sudah menyatu pada publik Tumang, Jawa Tengah. Banyak keluarga Boyolali-Jawa Tengah mendirikan kerja di rumah kerajinan logam buat dipasarkan ke banyak konsumen. Ketrampilan mengolah logam dipunyai secara turun-temurun dari para pendahulunya. Banyak yg menyampaikan bahwa publik Tumang mengawali kerja kerajinannya dengan cuma menghasilkan alat perkakas rumah tangga seperti dandang, panci, baskom, dan lain-lain tapi kini sudah beralih ke kerajinan kuningan buat kebutuhan asesoris masjid, kantor, dan lainnya.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Jawa Tengah, kini, mulai menggeliat dengan meningkatnya pesanan, baik pesanan daerah maupun manca negara. Bisnis kerajinan ukir kuningan tetap berkembang cepat. Banyak pesanan datang dari banyak wilayah di NKRI dan luar negeri. Pesanan kerajinan kuningan bertambah begitu signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, contohnya merupakan hadirnya teknologi internet. Dg hadirnya teknologi internet maka akan memudahkan para perajin kerajinan logam buat mengenalkan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah dan berbagai negara. Teknologi internet begitu memudahkan para perajin kerajinan logam. Salah satu perajin kerajinan logam yg tertolong merupakan AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke yogyakarta. Tidak cuma itu saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke jakarta timur.



Contoh Kerajinan Tembaga merupakan lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, dan lainnya. Konsumen jg bisa memesan kerajinan tembaga sesuai dengan kemauannya. Mereka bisa memiliki rancangan sendiri lalu AA Gallery yg membuatnya.


Mgkn saja banyak yg bertanya-tanya harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan tembaga begitu beraneka ragam tapi AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yg menarik. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak variabel. Diantaranya sbb ini merupakan beberapa variabel yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentunya harganya semakin tinggi dikarenakan bahan baku yg dimanfaatkan jg banyak, demikian juga sebaliknya semakin mini tentunya harganya semakin murah dikarenakan bahan yg dimanfaatkan semakin sedikit), level kerumitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin tak sulit, harganya jg semakin murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan tentunya juga murah), jika pesanan dari wilayah lain tentunya mau-tidak mau dikenai ongkir.

Permasalahan para ahli kerajinan kuningan tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil bisa mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Disaat harga lempengan logam naik maka harga kerajinan kuningan akan naik. Permasalahan lainnya, ahli Cepogo-Boyolali masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan bisa memperoleh harga yg sudah diambil pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis walau demikian minim untung. Oleh dikarenakan itu, pengrajin kerajinan tembaga kontinyu bermimpi kondisi ekonomi kontinyu stabil jadi tidak mengganggu kerja kerja kerajinan kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan kuningan diwajibkan inovatif dan diwajibkan menyesuaikan keinginan konsumen. Sekarang ini AA Gallery tidak cuma memperoleh pesanan kerajinan kuningan yg dibutuhkan buat kebutuhan dekorasi hotel tapi sudah merambah pada projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg terbilang besar. Mengenai desain kubah bisa mengikuti keinginan pelanggan.

Pd bln Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg keren merupakan AA Gallery memperoleh kepercayaan buat menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat tidak cuma satu saja tetapi cukup banyak.

Islamic Center itu sudah dibuka oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center itu maka kemudian menjadi pusat kegiatan dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah berpengalaman sejak th 1990-an, kini AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh pesanan kerajinan kuningan dari kotawaringin timur. Berbekal pengalaman berpuluh tahun th memproduksi kerajinan logam, AA Gallery semakin paham teknik guna menghasilkan kerajinan logam yg berkelas dan sesuai yg diinginkan oleh seluruh pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yg urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar