Jumat, 13 Maret 2020

Bisnis Seni Ukir Logam Melayani Prospek Kabupaten Bangka

Bisnis Seni Ukir Logam Melayani Prospek Kabupaten Bangka . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng posisinya di antara kaki gunung Merapi & Merbabu yang terkenal . Perkampungan tsb disebut sbg pusat ahli seni tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan tembaga sudah mendarah daging pd publik Tumang, Boyolali-Jateng. Banyak family Boyolali-Jawa Tengah mendirikan bisnis di rumah kerajinan kuningan buat ditawarkan ke bermacam konsumen. Skill mengolah kuningan diwarisi secara turun-temurun dari orang tuanya. Banyak yang menjelaskan bahwa publik Tumang mengawali bisnis kerajinannya dg sekadar memproduksi alat perkakas rumah tangga seperti alat menanak nasi, panci, ceret, & lainnya walau demikian sekarang ini sudah bertolak ke kerajinan tembaga buat kebutuhan asesoris masjid, rumah, & lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jateng, kini, mulai bergairah dg meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan nasional ataupun luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga tetap tumbuh tak terkendali. Banyak pesanan berdatangan dari bermacam wilayah di Negara Kita & manca negara. Permintaan kerajinan logam semakin cukup signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, diantaranya yakni adanya teknologi dunia maya. Dengan adanya teknologi website maka akan memudahkan para industri kerajinan kuningan buat mengiklankan kerajinan tembaganya ke semua wilayah & berbagai negara. Teknologi website cukup memudahkan para industri kerajinan kuningan. Salah satu industri kerajinan kuningan yang terbantu yakni AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan tembaga ke tangerang selatan. Tak sekadar tersebut saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan kuningan ke yogyakarta.



Contoh Seni Logam yakni robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, air mancur, & lainnya. Konsumen jg bisa memesan kerajinan sesuai dg kemauannya. Mereka dpt mempunyai rancangan pribadi lalu AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan cukup bervariasi walau demikian AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan ditentukan oleh banyak variabel. Berikut ini ini yakni banyak variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentu harganya semakin mahal disebabkan bahan yang dimanfaatkan jg banyak, demikian sebaliknya semakin mini tentu harganya juga murah disebabkan bahan yang dimanfaatkan juga sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin mudah, harga jg semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan tentu semakin murah), untuk pesanan dari wilayah lainnya tentu otomatis dikenai biaya kirim.

Permasalahan para ahli kerajinan logam tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil bisa mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan logam. Ketika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam akan naik. Problem lain, ahli Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan bisa mendapatkan harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis walau minim untung. Oleh disebabkan tersebut, perajin kerajinan tembaga tetap menginginkan kondisi ekonomi tetap stabil jadi tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam.

Sebagai perajin kerajinan logam diharuskan kreatif & diharuskan memantau permintaan konsumen. Sekarang ini AA Gallery tidak sekadar mendapatkan pesanan kerajinan logam yang dibutuhkan buat kebutuhan eksterior hotel namun sudah bertambah pd produksi kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg terbilang besar. Berhubungan dengan hiasan kubah bisa menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pd Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan yakni AA Gallery mendapatkan kepercayaan buat memproduksi & memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tidak sekadar satu sahaja tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut sudah diresmikan oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka setelah itu menjadi pusat kegiatan & ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan kuningan dari prabumulih. Berbekal pengalaman puluhan tahun menghasilkan seni kuningan, AA Gallery semakin mengerti teknik guna memproduksi seni kuningan yang memiliki kualitas & cocok yang diinginkan oleh seluruh pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yang urgen pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar