Jumat, 13 Maret 2020

Industri Seni Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Majalengka

Industri Seni Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Majalengka . Kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah berlokasi diapit kaki pegunungan Merapi and Merbabu yang terkenal . Kampung Tumang tsb dikenal sebagai pusat industri seni ukir tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan logam kuningan telah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Banyak family Boyolali-Jateng mendirikan usaha rumahan kerajinan kuningan untuk dipasarkan ke beragam pasar. Ketrampilan menempa kuningan dimiliki secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa masyarakat Tumang mengawali usaha kerajinannya dgn sekadar memproduksi alat perkakas rumah tangga misalnya alat menanak nasi, panci, ceret, and lainnya akan tetapi saat ini telah berubah haluan ke kerajinan logam kuningan untuk kebutuhan interior restoran, kantor, and lain.





Seni ukir tembaga and kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, kini, mulai memberi harapan dgn naiknya jumlah permintaan, baik permintaan nasional maupun luar negeri. Usaha kerajinan ukir tembaga tetap berkembang cepat. Banyak permintaan datang dari beragam wilayah di NKRI and manca negara. Permintaan kerajinan logam kuningan semakin begitu signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, diantaranya merupakan hadirnya teknologi cyber. Dgn hadirnya teknologi website maka mau menolong para produsen kerajinan kuningan untuk menawarkan produknya ke seluruh wilayah and banyak negara. Teknologi website menolong para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yang tertolong merupakan AA Gallery. Kini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan tembaga ke semarang. Nggak sekadar tsb saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke manado.



Contoh Seni Logam Tembaga merupakan robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, and lainnya. Pembeli juga bisa memesan kerajinan logam kuningan sesuai dgn seleranya. Mereka dpt memiliki rancangan sendiri selanjutnya AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan tembaga tsb. Harga kerajinan logam kuningan bervariasi akan tetapi AA Gallery mau berusaha memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan logam kuningan disebabkan oleh banyak variabel. Banyak hal sbb ini merupakan lebih dari satu variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah mahal disebabkan bahan yang dimanfaatkan jg banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil semestinya harganya juga murah disebabkan bahan yang dimanfaatkan juga sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah mudah, harganya juga juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan semestinya semakin murah), untuk permintaan dari wilayah lain di luar Tumang semestinya mau-tidak mau ditambah ongkir.

Problem para pengusaha kerajinan tembaga tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil bisa memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan tembaga. Kalau harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan tembaga akan mahal. Permasalahan lain, pengusaha Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer bisa meraih harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis walau minim untung. Oleh disebabkan tsb, pengusaha kerajinan tembaga kontinyu ingin kondisi ekonomi kontinyu stabil shngg tidak mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan tembaga diharuskan kreatif and diharuskan memantau selera masyarakat. Saat ini AA Gallery tidak sekadar meraih permintaan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan eksterior kantor tapi telah bertambah pada proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan hiasan kubah bisa menyesuaikan keinginan customer.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan merupakan AA Gallery meraih kepercayaan untuk memproduksi and memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tidak sekadar satu sahaja tetapi sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb telah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka kemudian mjd pusat kegiatan and ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk meraih permintaan kerajinan tembaga dari bontang. Berbekal pengalaman puluhan th memproduksi kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah mengetahui cara untuk memproduksi kerajinan tembaga yang ber-quality and sesuai yang diinginkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yang penting customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar