Minggu, 08 Maret 2020

Pengrajin Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Lombok Timur

Pengrajin Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Lombok Timur . Perkampungan Tumang, Boyolali lokasinya diapit lereng gunung Merapi & Merbabu yg terkenal itu. Perkampungan Tumang tsb dikenal sebagai pusat pengrajin seni ukir tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam tembaga sudah mendarah daging pd orang Tumang, Boyolali. Banyak saudara Cepogo-Boyolali membangun bisnis rumahan kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke banyak pasar. Keahlian mengolah kuningan didapatkan secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yg menjelaskan bahwa orang Tumang memulai bisnis kerajinannya dengan cuma membuat alat kebutuhan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, panci, ceret, dan lain-lain tapi sekarang ini sudah mengubah haluan ke kerajinan logam tembaga untuk keperluan asesoris hotel, kantor, dan lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali, akhir-akhir ini, mulai menggeliat dengan meningkatnya orderan, baik orderan daerah maupun luar negeri. Bisnis kerajinan ukir tembaga tetap berkembang tak terkendali. Banyak orderan berdatangan dari banyak daerah di Republik Indonesia dan luar negeri. Pesanan kerajinan logam mengalami kenaikan signifikan ini karena oleh banyak variabel, diantaranya yaitu hadirnya teknologi internet. Dg hadirnya teknologi internet maka mau menolong para industri kerajinan kuningan untuk menawarkan produknya ke semua daerah dan banyak negara. Teknologi internet begitu menolong para industri kerajinan kuningan. Salah satu industri kerajinan kuningan yg tertolong yaitu AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dapat menawarkan produk kerajinan kuningan ke bima. Tidak cuma tersebut saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke sibolga.



Contoh Kerajinan Tembaga yaitu kerajinan kaligrafi, robyong, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, dan lainnya. Pelanggan juga dapat memesan kerajinan logam kuningan sesuai dengan seleranya. Mereka dpt punya desain sendiri setelah itu AA Gallery yg meujudkannya.


Mungkin saja banyak yg ingin tahu harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan logam kuningan begitu bermacam-macam tapi AA Gallery mau berupaya memberikan harga yg sesuai. Harga kerajinan logam kuningan ditentukan oleh banyak variabel. Diantaranya sebagai berikut ini yaitu banyak variabel yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal karena bahan baku yg digunakan semakin banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mini tentu saja harganya semakin murah karena bahan yg digunakan semakin sedikit), tingkat kesulitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tak sulit, harga juga semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan tentu saja semakin murah), untuk orderan dari daerah lainnya di luar Tumang tentu saja mau-tidak mau ditambah biaya kirim.

Permasalahan para pebisnis kerajinan tembaga tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yg tdk stabil dapat mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Jikalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan tembaga jg naik. Permasalahan lain-lain, pebisnis Cepogo-Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama pelanggan dapat menerima harga yg sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dapat eksis walau minim untung. Oleh karena tersebut, produsen kerajinan tembaga kontinyu bermimpi stabilitas ekonomi kontinyu stabil jadi tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan tembaga.

Sebagai produsen kerajinan tembaga diharuskan inovatif dan diharuskan menyesuaikan selera masyarakat. Kini AA Gallery tdk cuma menerima orderan kerajinan tembaga yg dibutuhkan untuk keperluan hiasan rumah tetapi sudah bertambah pd proyek kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga terbilang besar. Mengenai design kubah dapat mengikuti kemauan pelanggan.

Pd bln Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg menarik yaitu AA Gallery menerima kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan tdk cuma satu saja akan tetapi cukup banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut sudah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka selanjutnya mjd pusat kegiatan dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk menerima orderan kerajinan kuningan dari surabaya. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun th membuat seni kuningan, AA Gallery bertambah paham metode guna membuat seni kuningan yg memiliki kualitas dan cocok yg diharapkan oleh seluruh pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski laba sedikit yg urgen pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar