Minggu, 08 Maret 2020

Produsen Kerajinan Logam Melayani Pasar Kabupaten Penajam Paser Utara

Produsen Kerajinan Logam Melayani Pasar Kabupaten Penajam Paser Utara . Kampung Tumang, Cepogo-Boyolali terletak di antara kaki gunung Merapi and Merbabu yg banyak dikenal itu. Kampung tsb diketahui sebagai pusat bisnis seni kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan kuningan telah mendarah daging pada publik Tumang, Cepogo-Boyolali. Banyak family Boyolali-Jateng membangun bisnis rumahan kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke bermacam konsumen. Ketrampilan mengukir tembaga diwarisi secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yg menceritakan bahwa publik Tumang memulai bisnis kerajinannya dengan sekedar menghasilkan alat perkakas rumah tangga contohnya alat menanak nasi, panci, baskom, dan lain-lain tetapi kini telah beralih ke kerajinan kuningan untuk keperluan ornamen cafe, kantor, dan lainnya.





Seni ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali, saat ini, mulai menarik dengan naiknya pesanan, baik pesanan lokal dan juga luar negeri. Bisnis kerajinan ukir kuningan terus berkembang pesat. Banyak pesanan berdatangan dari bermacam wilayah di Indonesia dan luar negeri. Orderan kerajinan kuningan mengalami penambahan sangat signifikan ini sebab oleh banyak parameter, contohnya yakni adanya teknologi internet. Dgn adanya teknologi website maka mau membantu para perajin kerajinan tembaga untuk mengiklankan produknya ke semua wilayah dan banyak negara. Teknologi website cukup membantu para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yg terbantu yakni AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan kuningan ke banjarmasin. Nggak sekedar tsb saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke jayapura.



Contoh Seni Logam yakni kerajinan kaligrafi, robyong, relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, air mancur, dan lainnya. Konsumen juga dapat memesan kerajinan kuningan sesuai dengan kemauannya. Mereka dpt mempunyai desain sendiri lalu AA Gallery yg memproduksinya.


Mungkin tidak sedikit yg bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan tsb. Harga kerajinan kuningan cukup beragam tetapi AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yg pas. Harga kerajinan kuningan ditentukan oleh banyak parameter. Berikut ini ini yakni lebih dari satu parameter yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah tinggi sebab bahan baku yg dipakai juga banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mini tentunya harganya jg murah sebab bahan yg dipakai jg sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tak sulit, harganya juga menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentunya semakin murah), jika pesanan dari wilayah lain tentunya secara otomatis dikenai ongkir.

Permasalahan para pebisnis kerajinan logam kuningan tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yg tdk stabil dapat memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Kalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam kuningan jg naik. Problem lainnya, pebisnis Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama pelanggan dapat mendapatkan harga yg telah ditetapkan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dapat eksis walau minim untung. Oleh sebab tsb, pengusaha kerajinan tembaga tetap berharap kondisi ekonomi tetap stabil jadi tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan logam kuningan harus inovatif dan harus menyesuaikan keinginan pasar. Masa ini AA Gallery tdk sekedar mendapatkan pesanan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan untuk keperluan asesoris hotel namun telah merambah pada pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan desain kubah dapat mengikuti kemauan pelanggan.

Pd bulan Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg menyenangkan yakni AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat tdk sekedar satu sahaja akan tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb telah diresmikan oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka selanjutnya mjd pusat aktivitas dan ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Setelah berpengalaman semenjak thn 1990-an, kini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan kuningan dari sawahlunto. Bermodalkan pengalaman puluhan thn membuat kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah paham teknik untuk menghasilkan kerajinan tembaga yg berkualiti dan cocok yg diinginkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun laba sedikit yg urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar