Minggu, 08 Maret 2020

Ahli Seni Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Morowali

Ahli Seni Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Morowali . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah terletak di antara kaki pegunungan Merapi and Merbabu yang banyak dikenal itu. Perkampungan Tumang tsb disebut sbg pusat bisnis seni ukir kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam tembaga sudah mendarah daging pd orang Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Lebih dari satu saudara Boyolali-Jateng mendirikan usaha rumahan kerajinan logam buat dijual ke bermacam pasar. Skill menempa logam didapatkan secara turun-temurun dari orang tuanya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa orang Tumang mengawali usaha kerajinannya dg sekadar memproduksi alat kebutuhan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, wajan, baskom, and lainnya tapi saat ini sudah beralih ke kerajinan logam tembaga buat kebutuhan interior cafe, rumah, and lainnya.





Kerajinan ukir tembaga and kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, sekarang, mulai menggeliat dg naiknya jumlah pesanan, baik pesanan daerah ataupun luar negeri. Usaha kerajinan ukir kuningan selalu tumbuh tak terelakan. Banyak pesanan datang dari bermacam wilayah di NKRI and luar negeri. Pesanan kerajinan kuningan semakin sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, contohnya ialah munculnya teknologi website. Dgn munculnya teknologi website maka akan menolong para produsen kerajinan logam buat mempromosikan kerajinan kuningannya ke semua wilayah and manca negara. Teknologi website sangat menolong para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yang tertolong ialah AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan kuningan ke pekanbaru. Tdk sekadar itu saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke medan.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan ialah kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, air mancur, and lain-lain. Pelanggan juga dapat memesan kerajinan logam tembaga sesuai dg seleranya. Mereka bisa mempunyai design pribadi kemudian AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn saja banyak yang ingin tahu harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan logam tembaga sangat beraneka ragam tapi AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang pas. Harga kerajinan logam tembaga disebabkan oleh banyak variabel. Dibawah ini ini ialah lebih dari satu variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal disebabkan bahan baku yang dipakai bertambah banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil tentu saja harganya jg murah disebabkan bahan yang dipakai jg sedikit), tingkat kesulitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah gampang, harga juga juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentu saja juga murah), untuk pesanan dari wilayah lain di luar Tumang tentu saja mau-tidak mau dikenai biaya kirim.

Kendala para pengrajin kerajinan logam kuningan tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil dapat mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Disaat harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam kuningan akan naik. Permasalahan lainnya, pengrajin Tumang masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama konsumen dapat menerima harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dapat eksis meski minim untung. Oleh disebabkan itu, pengrajin kerajinan tembaga kontinyu berharap kondisi ekonomi kontinyu stabil jadi tak mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan logam kuningan harus inovatif and harus menyesuaikan keinginan pasar. Sekarang AA Gallery tak sekadar menerima pesanan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan buat kebutuhan eksterior kantor tetapi sudah merambah pd projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan ukiran kubah dapat menyesuaikan kemauan konsumen.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menarik ialah AA Gallery menerima kepercayaan buat memproduksi and memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tak sekadar satu saja akan tetapi begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka setelah itu mjd pusat kegiatan and ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Indonesia.

Sesudah berpengalaman semenjak thn 1990-an, saat ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan kuningan dari banjarmasin. Berbekal pengalaman berpuluh tahun thn membuat seni tembaga, AA Gallery bertambah paham metode untuk memproduksi seni tembaga yang ber-quality and cocok yang diharapkan oleh semua konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang urgen konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar