Kamis, 12 Maret 2020

Pengusaha Seni Ukir Logam Melayani Prospek Kota Cilegon

Pengusaha Seni Ukir Logam Melayani Prospek Kota Cilegon . Desa Tumang, Boyolali posisinya di antara kaki pegunungan Merapi & Merbabu yg banyak dikenal . Desa tersebut dikenal sbg sentra pengrajin kerajinan tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam tembaga sudah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Boyolali. Banyak family Tumang mendirikan kerja rumahan kerajinan tembaga buat dijual ke bermacam konsumen. Ketrampilan mengolah tembaga didapatkan secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yg menjelaskan bahwa masyarakat Tumang mengawali kerja kerajinannya dg hanya membuat alat perkakas rumah tangga contohnya dandang, panci, ceret, dan lain-lain akan tetapi sekarang ini sudah mengubah haluan ke kerajinan logam tembaga buat kebutuhan dekorasi masjid, kantor, dan lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Boyolali, sekarang ini, mulai bergairah dg meningkatnya permintaan, baik permintaan daerah ataupun luar negeri. Bisnis kerajinan ukir tembaga selalu berkembang tak terelakan. Banyak permintaan datang dari bermacam wilayah di Negara Tercinta dan manca negara. Orderan kerajinan tembaga mengalami kenaikan sangat signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, diantaranya adalah adanya teknologi website. Dengan adanya teknologi internet maka ingin membantu para ahli kerajinan tembaga buat mengiklankan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah dan manca negara. Teknologi internet begitu membantu para ahli kerajinan tembaga. Salah satu ahli kerajinan tembaga yg tertolong adalah AA Gallery. Kini AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan kuningan ke palopo. Nggak hanya tersebut saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke langsa.



Contoh Kerajinan Tembaga adalah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, dan lain-lain. Konsumen juga dapat memesan kerajinan logam kuningan sesuai dg kemauannya. Mereka dpt mempunyai design sendiri AA Gallery yg meujudkannya.


Mungkin saja banyak yg menanyakan harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan logam kuningan begitu bervariasi akan tetapi AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yg sesuai. Harga kerajinan logam kuningan ditentukan oleh banyak faktor. Diantaranya sebagai berikut ini adalah banyak faktor yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga tentunya harganya semakin tinggi dikarenakan bahan baku yg dimanfaatkan bertambah banyak, demikian jg sebaliknya semakin mungil tentunya harganya jg murah dikarenakan bahan yg dimanfaatkan jg sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin gampang, harganya juga juga murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan tentunya semakin murah), untuk permintaan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentunya mau-tidak mau ditambah biaya kirim.

Kendala para industri kerajinan logam nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yg nggak stabil dapat memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam. Jikalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam jg naik. Permasalahan lain, industri Cepogo masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama konsumen dapat memperoleh harga yg sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka industri tembaga dapat eksis walau minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, pebisnis kerajinan tembaga selalu berharap kondisi ekonomi selalu stabil jadi nggak mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai pebisnis kerajinan logam diwajibkan kreatif dan diwajibkan menyesuaikan selera prospek. Masa ini AA Gallery nggak hanya memperoleh permintaan kerajinan logam yg dibutuhkan buat kebutuhan dekorasi hotel tapi sudah bertambah pada proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga terbilang besar. Berkaitan dengan design kubah dapat menyesuaikan keinginan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg menyenangkan adalah AA Gallery memperoleh kepercayaan buat membuat dan memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan nggak hanya satu saja akan tetapi begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut sudah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka setelah itu mjd sentra kegiatan dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh permintaan kerajinan kuningan dari jogja. Bermodal pengalaman berpuluh tahun th berkarya kerajinan tembaga, AA Gallery semakin mengetahui metode guna membuat kerajinan tembaga yg berkualitas dan cocok yg diharapkan oleh seluruh konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yg penting konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar