Minggu, 08 Maret 2020

Industri Seni Ukir Kuningan Melayani Pelanggan Kota Payakumbuh

Industri Seni Ukir Kuningan Melayani Pelanggan Kota Payakumbuh . Perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali berada di antara kaki pegunungan Merapi and Merbabu yang termahsyur . Perkampungan Tumang tersebut dikenal sbg sentra produsen seni ukir kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan logam tembaga sudah mendarah daging pada orang Tumang, Cepogo-Boyolali. Beberapa keluarga Cepogo-Boyolali membangun kerja rumahan kerajinan logam buat dijual ke bermacam pasar. Ketrampilan menempa logam didapati secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yang bercerita bahwa orang Tumang memulai kerja kerajinannya dengan hanya membuat alat keperluan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, alat merebus air, & sebagainya walau demikian sekarang ini sudah berubah haluan ke kerajinan logam tembaga buat keperluan eksterior masjid, rumah, & lain.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Boyolali, saat ini, mulai menggeliat dengan naiknya pesanan, baik pesanan nasional dan juga manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan selalu tumbuh tak terelakan. Banyak pesanan datang dari bermacam wilayah di NKRI & luar negeri. Orderan kerajinan logam semakin begitu signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, diantaranya yaitu munculnya teknologi internet. Dg munculnya teknologi website maka mau memudahkan para produsen kerajinan logam buat mempromosikan produknya ke semua wilayah & banyak negara. Teknologi website cukup memudahkan para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yang terbantu yaitu AA Gallery. Kini AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan tembaga ke sabang. Tdk hanya tersebut saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke jakarta barat.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan yaitu kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, bak mandi, & lain-lain. Pelanggan juga dapat memesan kerajinan sesuai dengan kemauannya. Mereka dapat punya desain sendiri kemudian AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin saja banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tembaga tersebut. Harga kerajinan cukup bermacam-macam walau demikian AA Gallery mau berusaha memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan disebabkan oleh banyak faktor. Berikut ini ini yaitu beberapa faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga semestinya harganya semakin tinggi dikarenakan bahan baku yang digunakan semakin banyak, demikian sebaliknya semakin kecil semestinya harganya jg murah dikarenakan bahan yang digunakan jg sedikit), level kerumitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin gampang, harga juga menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan semestinya juga murah), jika pesanan dari wilayah lainnya di luar Tumang semestinya mau-tidak mau ditambah biaya kirim.

Permasalahan para industri kerajinan logam tembaga nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil dapat mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Disaat harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam tembaga akan naik. Problem lain, industri Boyolali masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama customer dapat menerima harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka industri tembaga dapat eksis walaupun minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, produsen kerajinan tembaga terus-menerus menginginkan stabilitas ekonomi terus-menerus stabil sehingga nggak mengganggu kerja kerja kerajinan logam tembaga.

Sebagai produsen kerajinan logam tembaga wajib kreatif & wajib menyesuaikan selera prospek. Sekarang AA Gallery nggak hanya menerima pesanan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan buat keperluan eksterior hotel tetapi sudah merambah pada proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya berukuran besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan hiasan kubah dapat mengikuti kemauan customer.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan yaitu AA Gallery menerima kepercayaan buat membuat & memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi nggak hanya satu saja tetapi begitu banyak.

Islamic Center tersebut sudah diresmikan oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center tersebut maka setelah itu mjd sentra kegiatan & ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan tembaga dari parepare. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun thn menghasilkan seni tembaga, AA Gallery semakin tahu teknik untuk membuat seni tembaga yang berkelas & sesuai yang diinginkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meskipun laba sedikit yang urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar