Minggu, 08 Maret 2020

Bisnis Kerajinan Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Muna

Bisnis Kerajinan Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Muna . Kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah terletak diapit lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yg termahsyur . Kampung Tumang tsb diketahui sebagai pusat bisnis kerajinan tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan logam sudah mendarah daging pada orang Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Beberapa saudara Boyolali memilih bisnis rumahan kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke bermacam konsumen. Keahlian mengukir tembaga didapatkan secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yg menceritakan bahwa orang Tumang mengawali bisnis kerajinannya dg sekedar memproduksi alat keperluan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, panci, alat merebus air, dan sebagainya walau demikian saat ini sudah berganti ke kerajinan logam untuk keperluan dekorasi hotel, kantor, dan lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, sekarang ini, mulai memberi harapan dg meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan daerah ataupun internasional. Usaha kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh tak terkendali. Banyak pesanan berdatangan dari bermacam wilayah di Negara Tercinta dan manca negara. Permintaan kerajinan tembaga mengalami penambahan signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, diantaranya yakni adanya teknologi website. Dgn adanya teknologi internet maka akan menolong para perajin kerajinan tembaga untuk mengiklankan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah dan banyak negara. Teknologi internet sangat menolong para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yg terbantu yakni AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan tembaga ke padang sidempuan. Tak sekedar tsb saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke banjarbaru.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, dan lain-lain. Pelanggan jg dapat memesan kerajinan logam sesuai dg kemauannya. Mereka dapat mempunyai rancangan pribadi lalu AA Gallery yg memproduksinya.


Mgkn tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan kuningan tsb. Harga kerajinan logam sangat bermacam-macam walau demikian AA Gallery akan berusaha memberikan harga yg menarik. Harga kerajinan logam disebabkan oleh banyak variabel. Dibawah ini ini yakni beberapa variabel yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi dikarenakan bahan baku yg dipakai semakin banyak, demikian juga sebaliknya semakin mungil sudah sewajarnya harganya semakin murah dikarenakan bahan yg dipakai semakin sedikit), tingkat kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin tak sulit, harga jg menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan sudah sewajarnya semakin murah), jika pesanan dari wilayah lainnya sudah sewajarnya secara otomatis ditambah ongkir.

Permasalahan para pebisnis kerajinan kuningan tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil dapat mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Jikalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan kuningan juga naik. Permasalahan lain-lain, pebisnis Cepogo-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama customer dapat mendapatkan harga yg sudah diambil pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dapat eksis meski minim untung. Oleh dikarenakan tsb, pengrajin kerajinan tembaga kontinyu bermimpi kondisi ekonomi kontinyu stabil jadi tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan kuningan diharuskan kreatif dan diharuskan menyesuaikan selera prospek. Kini AA Gallery tidak sekedar mendapatkan pesanan kerajinan kuningan yg dibutuhkan untuk keperluan dekorasi rumah tapi sudah merambah pada produksi kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Mengenai ukiran kubah dapat mengikuti keinginan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg membanggakan yakni AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan tidak sekedar satu sahaja tetapi cukup banyak.

Islamic Center tsb sudah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center tsb maka selanjutnya menjadi pusat aktivitas dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman sejak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan tembaga dari baubau. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun tahun menghasilkan kerajinan logam, AA Gallery semakin tahu metode guna memproduksi kerajinan logam yg bermutu dan sesuai yg diinginkan oleh seluruh customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yg penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar