Jumat, 13 Maret 2020

Perajin Kerajinan Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Sukamara

Perajin Kerajinan Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Sukamara . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah lokasinya diapit kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang termahsyur . Perkampungan tersebut dikenal sebagai pusat pengrajin seni kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam tembaga sudah menyatu pada orang Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Lebih dari satu keluarga Boyolali-Jawa Tengah mendirikan usaha di rumah kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke banyak pasar. Skill menempa tembaga didapatkan secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa orang Tumang mengawali usaha kerajinannya dengan hanya membuat alat keperluan rumah tangga diantaranya dandang, panci, teko, & sebagainya walau demikian masa ini sudah mengubah haluan ke kerajinan logam tembaga untuk kebutuhan eksterior cafe, kantor, & lainnya.





Seni ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, kini, mulai menggeliat dengan naiknya jumlah orderan, baik orderan daerah dan juga internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan selalu berkembang pesat. Banyak orderan datang dari banyak wilayah di Republik Indonesia & luar negeri. Permintaan kerajinan logam tembaga semakin sangat signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, contohnya yaitu adanya teknologi internet. Dg adanya teknologi website maka ingin memudahkan para perajin kerajinan tembaga untuk mengenalkan produknya ke seluruh wilayah & banyak negara. Teknologi website begitu memudahkan para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yang tertolong yaitu AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan tembaga ke jakarta utara. Nggak hanya itu saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke jakarta barat.



Contoh Seni Kuningan yaitu lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, bak mandi, & lain-lain. Pelanggan juga bisa memesan kerajinan logam sesuai dengan kemauannya. Mereka dapat punya desain sendiri kemudian AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn banyak yang ingin tahu harga kerajinan logam tembaga itu. Harga kerajinan logam begitu beraneka ragam walau demikian AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam ditentukan oleh banyak variabel. Berikut ini yaitu lebih dari satu variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi dikarenakan bahan yang digunakan semakin banyak, demikian sebaliknya semakin kecil sudah sewajarnya harganya juga murah dikarenakan bahan yang digunakan juga sedikit), level kerumitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harganya juga menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak orderan sudah sewajarnya semakin murah), jika orderan dari wilayah lain sudah sewajarnya otomatis dikenai biaya kirim.

Kendala para pengusaha kerajinan logam tembaga tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil bisa mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Kalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam tembaga akan mahal. Problem lainnya, pengusaha Tumang masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama pelanggan bisa memperoleh harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh dikarenakan itu, pebisnis kerajinan tembaga tetap ingin kondisi ekonomi tetap stabil jadi tdk mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai pebisnis kerajinan logam tembaga diwajibkan kreatif & diwajibkan menyesuaikan keinginan pasar. Kini AA Gallery tdk hanya memperoleh orderan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan interior hotel tapi sudah bertambah pada proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Tentang hiasan kubah bisa mengikuti kemauan pelanggan.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan yaitu AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk membuat & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tdk hanya satu sahaja melainkan sangat banyak.

Islamic Center itu sudah diresmikan oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center itu maka kemudian menjadi pusat kegiatan & ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, masa ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan tembaga dari pangkal pinang. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun thn membuat kerajinan tembaga, AA Gallery semakin tahu metode untuk membuat kerajinan tembaga yang berkualitas & cocok yang diharapkan oleh semua pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yang penting pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar