Minggu, 08 Maret 2020

Industri Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Lombok Utara

Industri Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Lombok Utara . Kampung Tumang, Cepogo-Boyolali terletak di antara kaki gunung Merapi & Merbabu yg termahsyur itu. Kampung Tumang tersebut disebut sebagai sentra ahli kerajinan tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam sudah mendarah daging pada publik Tumang, Cepogo-Boyolali. Banyak family Cepogo-Jawa Tengah memilih usaha rumahan kerajinan logam untuk ditawarkan ke bermacam konsumen. Skill menempa logam dipunyai secara turun-temurun dari pendahulunya. Tidak sedikit yg menjelaskan bahwa publik Tumang mengawali usaha kerajinannya dgn cuma membuat alat kebutuhan rumah tangga seperti dandang, wajan, teko, dan sebagainya walaupun demikian sekarang ini sudah mengubah haluan ke kerajinan logam untuk keperluan interior restoran, kantor, dan lainnya.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali, sekarang, mulai bergairah dgn naiknya jumlah orderan, baik orderan daerah ataupun internasional. Kerja kerajinan ukir tembaga semakin berkembang tak terelakan. Banyak orderan berdatangan dari bermacam daerah di NKRI dan manca negara. Orderan kerajinan kuningan bertambah begitu signifikan ini karena oleh banyak parameter, diantaranya ialah adanya teknologi website. Dgn adanya teknologi internet maka ingin membantu para industri kerajinan logam untuk mengenalkan kerajinan tembaganya ke semua daerah dan manca negara. Teknologi internet begitu membantu para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yg terbantu ialah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dapat mengenalkan produk kerajinan kuningan ke pontianak. Nggak cuma tersebut saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke jakarta.



Contoh Kerajinan Tembaga ialah kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, kubah masjid, air mancur, dan lain-lain. Pelanggan jg dapat mengorder kerajinan tembaga sesuai dgn kemauannya. Mereka dpt punya design pribadi setelah itu AA Gallery yg membuatnya.


Mungkin sahaja banyak yg menanyakan harga kerajinan logam tembaga tersebut. Harga kerajinan tembaga begitu beragam walaupun demikian AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yg menarik. Harga kerajinan tembaga dipengaruhi oleh banyak parameter. Diantaranya sebagai berikut ini ialah beberapa parameter yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentu harganya semakin mahal karena bahan yg digunakan juga banyak, demikian sebaliknya semakin mini tentu harganya juga murah karena bahan yg digunakan juga sedikit), tingkat kerumitan produksi ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin gampang, harga jg semakin murah), kuantitas ( semakin banyak orderan tentu juga murah), untuk orderan dari daerah lain tentu otomatis ditambah biaya kirim.

Kendala para pengrajin kerajinan logam tembaga tak sedikit. Kondisi ekonomi yg tak stabil dapat mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Ketika harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam tembaga jg mahal. Permasalahan lainnya, pengrajin Tumang masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama konsumen dapat menerima harga yg sudah diputuskan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dapat eksis walaupun demikian minim untung. Oleh karena tersebut, pebisnis kerajinan tembaga selalu menginginkan stabilitas ekonomi selalu stabil sehingga tak mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai pebisnis kerajinan logam tembaga diharuskan inovatif dan diharuskan menyesuaikan permintaan konsumen. Kini AA Gallery tak cuma menerima orderan kerajinan logam tembaga yg dibutuhkan untuk keperluan asesoris kantor namun sudah bertambah pada pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Berhubungan dengan desain kubah dapat mengikuti keinginan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg menarik ialah AA Gallery menerima kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat tak cuma satu sahaja akan tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut sudah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka selanjutnya mjd sentra kegiatan dan ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima orderan kerajinan kuningan dari blitar. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun th menghasilkan seni logam, AA Gallery semakin tahu teknik untuk membuat seni logam yg bermutu dan sesuai yg diinginkan oleh semua konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yg penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar