Jumat, 13 Maret 2020

Produsen Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Banggai

Produsen Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Banggai . Kampung Tumang, Cepogo posisinya diapit lereng gunung Merapi & Merbabu yg banyak dikenal itu. Kampung Tumang tersebut diketahui sebagai sentra industri seni kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan tembaga telah menyatu pada khalayak Tumang, Cepogo. Beberapa saudara di sana membangun kerja di rumah kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke berbagai konsumen. Ketrampilan menempa kuningan diwarisi secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yg bercerita bahwa khalayak Tumang mengawali kerja kerajinannya dg cuma menghasilkan alat perkakas rumah tangga misalnya alat menanak nasi, panci, ceret, juga lain-lain walau demikian sekarang ini telah berubah haluan ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan eksterior restoran, kantor, juga lain-lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Cepogo, sekarang, mulai menarik dg naiknya jumlah pesanan, baik pesanan lokal ataupun manca negara. Bisnis kerajinan ukir kuningan tetap tumbuh pesat. Banyak pesanan datang dari berbagai wilayah di Negara Tercinta juga manca negara. Orderan kerajinan kuningan semakin cukup signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, contohnya yaitu adanya teknologi website. Dg adanya teknologi website maka mau menolong para industri kerajinan kuningan untuk mengiklankan produknya ke semua wilayah juga manca negara. Teknologi website cukup menolong para industri kerajinan kuningan. Salah satu industri kerajinan kuningan yg terbantu yaitu AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan tembaga ke subulussalam. Nggak cuma tsb saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke tomohon.



Contoh Seni Kuningan yaitu lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, kubah masjid, air mancur, juga lain-lain. Konsumen jg dapat memesan kerajinan sesuai dg seleranya. Mereka bisa punya design sendiri setelah itu AA Gallery yg meujudkannya.


Mungkin sahaja banyak yg bertanya-tanya harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan cukup beragam walau demikian AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yg pas. Harga kerajinan ditentukan oleh banyak parameter. Diantaranya sbb ini yaitu lebih dari satu parameter yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga tentu harganya semakin mahal dikarenakan bahan yg digunakan juga banyak, demikian sebaliknya semakin mini tentu harganya semakin murah dikarenakan bahan yg digunakan semakin sedikit), level kesulitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harganya jg menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan tentu semakin murah), jika pesanan dari wilayah lain di luar Tumang tentu otomatis ditambah biaya kirim.

Permasalahan para perajin kerajinan logam tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil dapat mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan logam. Disaat harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam juga mahal. Problem lain-lain, perajin Boyolali-Jateng masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama customer dapat menerima harga yg telah diambil pengrajin tembaga maka perajin tembaga dapat eksis walaupun demikian minim untung. Oleh dikarenakan tsb, pengusaha kerajinan tembaga terus-menerus menginginkan stabilitas ekonomi terus-menerus stabil sehingga tidak mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai pengusaha kerajinan logam diwajibkan inovatif juga diwajibkan menyesuaikan permintaan konsumen. Kini AA Gallery tidak cuma menerima pesanan kerajinan logam yg dibutuhkan untuk kebutuhan interior hotel namun telah bertambah pada pengerjaan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid jg terbilang besar. Berkaitan dengan ukiran kubah dapat mengikuti keinginan customer.

Pd bln Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg keren yaitu AA Gallery menerima kepercayaan untuk menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan tidak cuma satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb telah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka setelah itu menjadi sentra aktivitas juga ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan kuningan dari denpasar. Berbekal pengalaman puluhan th berkarya seni logam, AA Gallery semakin paham metode untuk menghasilkan seni logam yg berkelas juga cocok yg diinginkan oleh semua customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yg penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar