Kamis, 12 Maret 2020

Produsen Kerajinan Logam Melayani Prospek Kabupaten Teluk Wondama

Produsen Kerajinan Logam Melayani Prospek Kabupaten Teluk Wondama . Perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali berlokasi diapit kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal . Perkampungan tsb disebut sbg pusat industri seni kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan tembaga telah menyatu pd khalayak Tumang, Cepogo-Boyolali. Lebih dari satu keluarga Cepogo memilih kerja rumahan kerajinan kuningan buat dijual ke banyak pasar. Keahlian mengolah kuningan diwarisi secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa khalayak Tumang memulai kerja kerajinannya dgn hanya membuat alat keperluan rumah tangga diantaranya dandang, wajan, baskom, juga lain-lain akan tetapi masa ini telah mengubah haluan ke kerajinan tembaga buat kebutuhan dekorasi masjid, kantor, juga lain-lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Cepogo-Boyolali, kini, mulai memberi harapan dgn naiknya pesanan, baik pesanan nasional atau internasional. Usaha kerajinan ukir kuningan selalu berkembang cepat. Banyak pesanan berdatangan dari banyak wilayah di Negara Kita juga luar negeri. Orderan kerajinan tembaga mengalami penambahan cukup signifikan ini sebab oleh banyak faktor, diantaranya yakni adanya teknologi website. Dg adanya teknologi website maka ingin menolong para perajin kerajinan kuningan buat menawarkan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah juga manca negara. Teknologi website cukup menolong para perajin kerajinan kuningan. Salah satu perajin kerajinan kuningan yang tertolong yakni AA Gallery. Sekarang AA Gallery dpt menawarkan produk kerajinan kuningan ke bengkulu. Tidak hanya tsb saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke palangkaraya.



Contoh Seni Logam Tembaga yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, air mancur, juga lain-lain. Pembeli jg dpt memesan kerajinan logam kuningan sesuai dgn seleranya. Mereka bisa mempunyai design sendiri lalu AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan tsb. Harga kerajinan logam kuningan cukup bermacam-macam akan tetapi AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan logam kuningan ditentukan oleh banyak faktor. Antara lain ini yakni beberapa faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga tentunya harganya semakin tinggi sebab bahan baku yang digunakan jg banyak, demikian jg sebaliknya semakin kecil tentunya harganya juga murah sebab bahan yang digunakan juga sedikit), level kesulitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin mudah, harganya jg menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan tentunya semakin murah), untuk pesanan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentunya mau-tidak mau dikenai biaya kirim.

Kendala para industri kerajinan logam kuningan tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil dpt memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jikalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam kuningan jg naik. Problem lain-lain, industri Cepogo-Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama pelanggan dpt menerima harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka industri tembaga dpt eksis walau demikian minim untung. Oleh sebab tsb, produsen kerajinan tembaga kontinyu berharap kondisi ekonomi kontinyu stabil jadi tak mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai produsen kerajinan logam kuningan diwajibkan kreatif juga diwajibkan memantau selera konsumen. Kini AA Gallery tak hanya menerima pesanan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan buat kebutuhan hiasan hotel namun telah bertambah pd produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid jg terbilang besar. Berkaitan dengan ukiran kubah dpt menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pada Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menarik yakni AA Gallery menerima kepercayaan buat membuat juga memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tak hanya satu sahaja tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb telah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka setelah itu menjadi pusat aktivitas juga ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman sejak th 1990-an, masa ini AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan tembaga dari malang. Bermodal pengalaman puluhan th memproduksi seni tembaga, AA Gallery semakin mengetahui metode guna membuat seni tembaga yang berkelas juga cocok yang diinginkan oleh semua pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yang penting pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar