Kamis, 12 Maret 2020

Pengusaha Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Sumbawa Barat

Pengusaha Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Sumbawa Barat . Desa Tumang, Jawa Tengah berada diapit lereng gunung Merapi and Merbabu yang termahsyur . Desa tsb diketahui sebagai sentra pengrajin kerajinan kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam kuningan telah mendarah daging pd orang Tumang, Jawa Tengah. Beberapa keluarga Jawa Tengah memilih kerja di rumah kerajinan kuningan untuk dijual ke bermacam konsumen. Keahlian mengukir kuningan didapati secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Banyak yang menyampaikan bahwa orang Tumang mengawali kerja kerajinannya dgn sekedar menghasilkan alat perkakas rumah tangga misalnya dandang, wajan, teko, dan lainnya namun kini telah mengubah haluan ke kerajinan logam kuningan untuk keperluan asesoris cafe, kantor, dan lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Jawa Tengah, saat ini, mulai memberi harapan dgn naiknya jumlah pesanan, baik pesanan nasional ataupun manca negara. Kerja kerajinan ukir kuningan terus tumbuh tak terkendali. Banyak pesanan datang dari bermacam wilayah di Negeri Kita dan manca negara. Permintaan kerajinan logam kuningan mengalami kenaikan cukup signifikan ini karena oleh banyak parameter, contohnya merupakan munculnya teknologi cyber. Dengan munculnya teknologi internet maka mau membantu para perajin kerajinan kuningan untuk mempromosikan produknya ke semua wilayah dan banyak negara. Teknologi internet amat membantu para perajin kerajinan kuningan. Salah satu perajin kerajinan kuningan yang tertolong merupakan AA Gallery. Sekarang AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan tembaga ke cilegon. Tak sekedar tsb saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke padang.



Contoh Kerajinan Logam merupakan robyong, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, air mancur, dan lain-lain. Pembeli juga dpt mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dgn seleranya. Mereka dpt punya rancangan pribadi lalu AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan tembaga tsb. Harga kerajinan logam kuningan amat beraneka ragam namun AA Gallery mau berupaya memberikan harga yang kompetitif. Harga kerajinan logam kuningan ditentukan oleh banyak parameter. Berikut ini ini merupakan banyak parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga semestinya harganya semakin tinggi karena bahan yang dimanfaatkan jg banyak, demikian sebaliknya semakin kecil semestinya harganya juga murah karena bahan yang dimanfaatkan juga sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harga juga semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan semestinya juga murah), jika pesanan dari wilayah lainnya semestinya secara otomatis ditambah ongkir.

Kendala para industri kerajinan tembaga tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dpt memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan tembaga. Kalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan tembaga jg naik. Permasalahan lain, industri Cepogo-Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama konsumen dpt menerima harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka industri tembaga dpt eksis walau demikian minim untung. Oleh karena tsb, perajin kerajinan tembaga tetap ingin kondisi ekonomi tetap stabil sehingga tidak mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai perajin kerajinan tembaga wajib kreatif dan wajib menyesuaikan selera pasar. Masa ini AA Gallery tidak sekedar menerima pesanan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan interior hotel tetapi telah bertambah pd produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga terbilang besar. Tentang hiasan kubah dpt mengikuti kemauan konsumen.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang keren merupakan AA Gallery menerima kepercayaan untuk menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tidak sekedar satu sahaja akan tetapi banyak.

Islamic Center tsb telah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak dibukanya Islamic Center tsb maka setelah itu mjd sentra kegiatan dan ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Setelah berpengalaman sejak tahun 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan kuningan dari kotamobagu. Berbekal pengalaman berpuluh tahun tahun menghasilkan kerajinan logam, AA Gallery semakin mengerti cara guna menghasilkan kerajinan logam yang bermutu dan sesuai yang diharapkan oleh semua konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah laba sedikit yang urgen konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar