Jumat, 13 Maret 2020

Pengusaha Seni Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Lembata

Pengusaha Seni Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Lembata . Desa Tumang, Cepogo lokasinya diapit kaki gunung Merapi dan Merbabu yang terkenal itu. Desa Tumang tersebut diketahui sebagai sentra bisnis seni ukir tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan logam kuningan telah mendarah daging pd publik Tumang, Cepogo. Beberapa saudara Cepogo-Jawa Tengah mendirikan bisnis di rumah kerajinan logam buat ditawarkan ke bermacam pasar. Keahlian mengolah logam didapati secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa publik Tumang memulai bisnis kerajinannya dengan cuma menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga seperti dandang, panci, alat merebus air, dan lain-lain tapi sekarang telah berubah haluan ke kerajinan logam kuningan buat kebutuhan ornamen masjid, kantor, dan lainnya.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Cepogo, akhir-akhir ini, mulai menggeliat dengan meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan daerah atau internasional. Kerja kerajinan ukir tembaga semakin berkembang cepat. Banyak pesanan datang dari bermacam wilayah di Republik Indonesia dan manca negara. Permintaan kerajinan kuningan mengalami penambahan signifikan ini karena oleh banyak faktor, contohnya ialah adanya teknologi internet. Dengan adanya teknologi internet maka ingin memudahkan para produsen kerajinan logam buat mengenalkan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah dan manca negara. Teknologi internet begitu memudahkan para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yang terbantu ialah AA Gallery. Kini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan kuningan ke jakarta selatan. Tak cuma tsb saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke medan.



Contoh Kerajinan Kuningan ialah robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, dan lainnya. Customer jg dpt memesan kerajinan sesuai dengan seleranya. Mereka dpt punya desain pribadi AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tembaga tsb. Harga kerajinan begitu bervariasi tapi AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan disebabkan oleh banyak faktor. Contohnya berikut ini ini ialah beberapa faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah mahal karena bahan yang digunakan jg banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil semestinya harganya jg murah karena bahan yang digunakan jg sedikit), level kerumitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah tak sulit, harganya jg juga murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan semestinya juga murah), untuk pesanan dari wilayah lain di luar Tumang semestinya secara otomatis dikenai biaya kirim.

Problem para pengrajin kerajinan logam tembaga tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil dpt memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Disaat harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam tembaga juga naik. Problem lainnya, pengrajin Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama customer dpt mendapatkan harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dpt eksis walaupun demikian minim untung. Oleh karena tsb, perajin kerajinan tembaga tetap menginginkan kondisi ekonomi tetap stabil jadi tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam tembaga.

Sebagai perajin kerajinan logam tembaga harus kreatif dan harus menyesuaikan permintaan pasar. Sekarang ini AA Gallery tak cuma mendapatkan pesanan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan buat kebutuhan asesoris rumah namun telah bertambah pd proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Mengenai ukiran kubah dpt mengikuti keinginan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan ialah AA Gallery mendapatkan kepercayaan buat menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tak cuma satu sahaja melainkan begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tsb maka kemudian mjd sentra kegiatan dan ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan tembaga dari salatiga. Dengan bekal pengalaman puluhan tahun memproduksi seni logam, AA Gallery bertambah mengetahui cara untuk menghasilkan seni logam yang berkualitas dan cocok yang diinginkan oleh semua customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yang urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar