Minggu, 08 Maret 2020

Bisnis Seni Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Solok

Bisnis Seni Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Solok . Kampung Tumang, Cepogo-Boyolali terletak di antara lereng gunung Merapi & Merbabu yang terkenal . Kampung Tumang tersebut diketahui sebagai pusat bisnis seni ukir kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan logam telah menyatu pada khalayak Tumang, Cepogo-Boyolali. Banyak family Cepogo-Boyolali membangun usaha rumahan kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke berbagai konsumen. Skill mengolah tembaga dimiliki secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa khalayak Tumang mengawali usaha kerajinannya dg hanya memproduksi alat kebutuhan rumah tangga diantaranya dandang, wajan, ceret, & sebagainya walaupun demikian saat ini telah bertolak ke kerajinan logam untuk kebutuhan eksterior hotel, rumah, & lainnya.





Seni ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali, masa ini, mulai bergairah dg naiknya permintaan, baik permintaan daerah dan juga internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan tetap berkembang pesat. Banyak permintaan berdatangan dari berbagai wilayah di Negara Tercinta & luar negeri. Pesanan kerajinan logam kuningan mengalami penambahan signifikan ini karena oleh banyak variabel, diantaranya yakni hadirnya teknologi cyber. Dgn hadirnya teknologi website maka ingin menolong para produsen kerajinan tembaga untuk mempromosikan produknya ke seluruh wilayah & manca negara. Teknologi website amat menolong para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yang terbantu yakni AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan kuningan ke serang. Tdk hanya itu saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke bogor.



Contoh Seni Logam Kuningan yakni kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, air mancur, & lain-lain. Konsumen jg dapat memesan kerajinan kuningan sesuai dg keinginannya. Mereka dapat mempunyai rancangan pribadi AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam tembaga itu. Harga kerajinan kuningan amat beragam walaupun demikian AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan kuningan dipengaruhi oleh banyak variabel. Berikut ini yakni banyak variabel yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah tinggi karena bahan baku yang digunakan bertambah banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mini semestinya harganya jg murah karena bahan yang digunakan jg sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tak sulit, harga jg semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan semestinya semakin murah), jika permintaan dari wilayah lainnya semestinya otomatis ditambah biaya kirim.

Permasalahan para ahli kerajinan logam tembaga nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil dapat memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Jika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam tembaga jg mahal. Permasalahan lainnya, ahli Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama pelanggan dapat memperoleh harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka ahli tembaga dapat eksis walaupun minim untung. Oleh karena itu, pengrajin kerajinan tembaga kontinyu menginginkan stabilitas ekonomi kontinyu stabil shngg nggak mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan logam tembaga diwajibkan inovatif & diwajibkan memantau permintaan konsumen. Masa ini AA Gallery nggak hanya memperoleh permintaan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan hiasan rumah tapi telah merambah pada proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Berkaitan dengan ukiran kubah dapat mengikuti kemauan pelanggan.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan yakni AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk memproduksi & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat nggak hanya satu sahaja akan tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka kemudian mjd pusat kegiatan & ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh permintaan kerajinan kuningan dari mojokerto. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun tahun menghasilkan seni kuningan, AA Gallery bertambah paham cara untuk memproduksi seni kuningan yang ber-quality & sesuai yang diharapkan oleh seluruh pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yang urgen pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar