Jumat, 13 Maret 2020

Perajin Seni Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Wonosobo

Perajin Seni Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Wonosobo . Desa Tumang, Jawa Tengah lokasinya diapit kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang terkenal itu. Desa tersebut dikenal sbg pusat pengusaha seni ukir tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam kuningan sudah mendarah daging pada khalayak Tumang, Jawa Tengah. Lebih dari satu keluarga Cepogo-Boyolali membangun kerja rumahan kerajinan logam untuk ditawarkan ke bermacam pasar. Skill menempa logam dipunyai secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa khalayak Tumang memulai kerja kerajinannya dgn sekadar membuat alat keperluan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, panci, ceret, juga lainnya tapi masa ini sudah beralih ke kerajinan logam kuningan untuk keperluan interior hotel, rumah, juga lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Jawa Tengah, sekarang, mulai menarik dgn meningkatnya pesanan, baik pesanan lokal ataupun manca negara. Kerja kerajinan ukir tembaga terus berkembang pesat. Banyak pesanan berdatangan dari bermacam daerah di Republik Indonesia juga luar negeri. Pesanan kerajinan tembaga mengalami penambahan begitu signifikan ini karena oleh banyak variabel, diantaranya yaitu munculnya teknologi internet. Dg munculnya teknologi website maka mau membantu para produsen kerajinan logam untuk mengiklankan kerajinan tembaganya ke semua daerah juga manca negara. Teknologi website cukup membantu para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yang tertolong yaitu AA Gallery. Kini AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan tembaga ke padang panjang. Tidak sekadar tersebut saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke surabaya.



Contoh Seni Logam yaitu kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, kubah masjid, bak mandi, juga lainnya. Pelanggan juga dapat memesan kerajinan logam kuningan sesuai dgn kemauannya. Mereka dpt mempunyai rancangan pribadi setelah itu AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn saja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan logam kuningan cukup beraneka ragam tapi AA Gallery mau berupaya memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan logam kuningan dipengaruhi oleh banyak variabel. Diantaranya sbb ini yaitu banyak variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin mahal karena bahan baku yang dipakai juga banyak, demikian jg sebaliknya semakin kecil sudah sewajarnya harganya semakin murah karena bahan yang dipakai semakin sedikit), tingkat kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian jg sebaliknya semakin mudah, harga juga menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan sudah sewajarnya juga murah), jika pesanan dari daerah lain sudah sewajarnya otomatis ditambah biaya kirim.

Problem para industri kerajinan logam tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil dapat memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam. Ketika harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam jg naik. Permasalahan lain, industri Cepogo masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer dapat mendapat harga yang sudah diambil pengrajin tembaga maka industri tembaga dapat eksis meski minim untung. Oleh karena tersebut, produsen kerajinan tembaga tetap bermimpi kondisi ekonomi tetap stabil shngg tak mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai produsen kerajinan logam diwajibkan inovatif juga diwajibkan menyesuaikan permintaan konsumen. Masa ini AA Gallery tak sekadar mendapat pesanan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk keperluan asesoris rumah tetapi sudah bertambah pada produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga bernilai besar. Berhubungan dengan design kubah dapat mengikuti kemauan customer.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan yaitu AA Gallery mendapat kepercayaan untuk membuat juga memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tak sekadar satu sahaja akan tetapi sangat banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut sudah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka setelah itu menjadi pusat kegiatan juga ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan tembaga dari batam. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun tahun memproduksi kerajinan logam, AA Gallery semakin paham metode untuk membuat kerajinan logam yang berkualitas juga sesuai yang diharapkan oleh semua customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang urgen customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar