Kamis, 12 Maret 2020

Ahli Seni Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Manggarai

Ahli Seni Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Manggarai . Perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah terletak diapit lereng pegunungan Merapi & Merbabu yang banyak dikenal itu. Perkampungan tsb disebut sbg pusat produsen seni ukir kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan kuningan sudah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Beberapa keluarga Jawa Tengah membangun kerja rumahan kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke berbagai konsumen. Keahlian menempa kuningan diwarisi secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang memulai kerja kerajinannya dgn hanya menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga diantaranya dandang, panci, alat merebus air, dan lainnya namun sekarang sudah beralih ke kerajinan kuningan untuk kebutuhan eksterior masjid, kantor, dan lain-lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, kini, mulai menggeliat dgn naiknya jumlah pesanan, baik pesanan daerah ataupun manca negara. Bisnis kerajinan ukir kuningan tetap berkembang tak terkendali. Banyak pesanan berdatangan dari berbagai daerah di Negara Kita dan luar negeri. Pesanan kerajinan logam mengalami penambahan begitu signifikan ini sebab oleh banyak faktor, contohnya yaitu hadirnya teknologi website. Dgn hadirnya teknologi website maka ingin memudahkan para industri kerajinan kuningan untuk mengiklankan produknya ke semua daerah dan berbagai negara. Teknologi website begitu memudahkan para industri kerajinan kuningan. Salah satu industri kerajinan kuningan yang tertolong yaitu AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan tembaga ke bandaaceh. Tak hanya itu saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke jogja.



Contoh Seni Kuningan yaitu kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, dan lain-lain. Customer juga dapat memesan kerajinan tembaga sesuai dgn kemauannya. Mereka dpt punya rancangan sendiri lalu AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn saja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan tembaga begitu beragam namun AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan tembaga dipengaruhi oleh banyak faktor. Berikut ini ini yaitu lebih dari satu faktor yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga tentunya harganya semakin tinggi sebab bahan baku yang dipakai juga banyak, demikian sebaliknya semakin mini tentunya harganya semakin murah sebab bahan yang dipakai semakin sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin mudah, harga juga menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan tentunya semakin murah), untuk pesanan dari daerah lainnya di luar Tumang tentunya secara otomatis ditambah ongkir.

Kendala para ahli kerajinan logam kuningan nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil dapat memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jika harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam kuningan juga mahal. Permasalahan lain-lain, ahli Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama konsumen dapat menerima harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka ahli tembaga dapat eksis walaupun demikian minim untung. Oleh sebab itu, produsen kerajinan tembaga selalu ingin kondisi ekonomi selalu stabil shngg nggak mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai produsen kerajinan logam kuningan diharuskan inovatif dan diharuskan menyesuaikan selera konsumen. Saat ini AA Gallery nggak hanya menerima pesanan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan dekorasi kantor tapi sudah bertambah pd projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Berkaitan dengan design kubah dapat mengikuti kemauan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang keren yaitu AA Gallery menerima kepercayaan untuk menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat nggak hanya satu sahaja melainkan banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu sudah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang itu maka selanjutnya menjadi pusat aktivitas dan ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan tembaga dari mataram. Bermodalkan pengalaman puluhan tahun berkarya kerajinan tembaga, AA Gallery semakin mengetahui cara guna menghasilkan kerajinan tembaga yang berkelas dan sesuai yang diharapkan oleh semua konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang urgen konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar