Minggu, 08 Maret 2020

Perajin Seni Ukir Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Sarolangun

Perajin Seni Ukir Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Sarolangun . Perkampungan Tumang, Jateng berlokasi di antara lereng gunung Merapi and Merbabu yg banyak dikenal itu. Perkampungan Tumang tersebut diketahui sebagai pusat pengrajin kerajinan kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan tembaga telah menyatu pd publik Tumang, Jateng. Banyak family Cepogo mendirikan usaha di rumah kerajinan logam untuk dijual ke banyak pasar. Keahlian menempa logam dimiliki secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yg bercerita bahwa publik Tumang mengawali usaha kerajinannya dg sekedar menghasilkan alat keperluan rumah tangga contohnya dandang, wajan, ceret, serta sebagainya akan tetapi saat ini telah berubah haluan ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan asesoris masjid, kantor, serta lainnya.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di perkampungan Tumang, Jateng, baru-baru ini, mulai bergairah dg naiknya jumlah pesanan, baik pesanan daerah maupun luar negeri. Bisnis kerajinan ukir kuningan selalu berkembang tak terelakan. Banyak pesanan berdatangan dari banyak daerah di Negara Tercinta serta manca negara. Orderan kerajinan logam tembaga mengalami penambahan begitu signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, diantaranya yakni munculnya teknologi website. Dengan munculnya teknologi website maka akan menolong para produsen kerajinan logam untuk mempromosikan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah serta banyak negara. Teknologi website sangat menolong para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yg tertolong yakni AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan tembaga ke tangerang. Nggak sekedar itu saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke tebing tinggi.



Contoh Kerajinan Logam Tembaga yakni kerajinan kaligrafi, robyong, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, bak mandi, serta lain-lain. Pelanggan juga dpt mengorder kerajinan sesuai dg seleranya. Mereka bisa memiliki design pribadi lalu AA Gallery yg mengerjakannya.


Mgkn saja tidak sedikit yg menanyakan harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan sangat bervariasi akan tetapi AA Gallery akan berusaha memberikan harga yg menarik. Harga kerajinan dipengaruhi oleh banyak variabel. Banyak hal sbb ini yakni beberapa variabel yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah mahal disebabkan bahan yg dimanfaatkan semakin banyak, demikian sebaliknya bertambah mini sudah sewajarnya harganya juga murah disebabkan bahan yg dimanfaatkan juga sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah mudah, harganya juga menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan sudah sewajarnya semakin murah), jika pesanan dari daerah lain di luar Tumang sudah sewajarnya auto ditambah biaya kirim.

Permasalahan para pengusaha kerajinan kuningan tak sedikit. Kondisi ekonomi yg tak stabil dpt memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan kuningan. Ketika harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan kuningan akan mahal. Permasalahan lainnya, pengusaha Cepogo-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama konsumen dpt mendapat harga yg telah diputuskan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dpt eksis walaupun minim untung. Oleh disebabkan itu, pengusaha kerajinan tembaga tetap menginginkan stabilitas ekonomi tetap stabil sehingga tak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan kuningan diharuskan kreatif serta diharuskan menyesuaikan keinginan pasar. Sekarang AA Gallery tak sekedar mendapat pesanan kerajinan kuningan yg dibutuhkan untuk kebutuhan hiasan rumah tetapi telah bertambah pd proyek kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan hiasan kubah dpt mengikuti keinginan konsumen.

Pd bln Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg menarik yakni AA Gallery mendapat kepercayaan untuk menghasilkan serta memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tak sekedar satu sahaja akan tetapi cukup banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang itu maka selanjutnya mjd pusat aktivitas serta ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman sejak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan tembaga dari subulussalam. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun tahun berkarya seni kuningan, AA Gallery bertambah tahu metode untuk menghasilkan seni kuningan yg berkelas serta cocok yg diharapkan oleh semua konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah untung sedikit yg penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar