Jumat, 13 Maret 2020

Perajin Seni Ukir Logam Melayani Pasar Kabupaten Ogan Komering Ilir

Perajin Seni Ukir Logam Melayani Pasar Kabupaten Ogan Komering Ilir . Kampung Tumang, Jateng lokasinya diapit lereng pegunungan Merapi & Merbabu yang termahsyur . Kampung tersebut disebut sebagai sentra pengrajin kerajinan kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam telah mendarah daging pd orang Tumang, Jateng. Lebih dari satu family Boyolali mendirikan bisnis rumahan kerajinan logam untuk dijual ke bermacam konsumen. Ketrampilan menempa logam dipunyai secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yang menjelaskan bahwa orang Tumang mengawali bisnis kerajinannya dengan sekadar membuat alat keperluan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, panci, teko, serta lainnya tapi kini telah beralih ke kerajinan logam untuk kebutuhan interior hotel, gedung, serta lain.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di desa Tumang, Jateng, masa ini, mulai memberi harapan dengan meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan nasional maupun manca negara. Kerja kerajinan ukir kuningan selalu berkembang tak terkendali. Banyak pesanan datang dari bermacam wilayah di NKRI serta luar negeri. Permintaan kerajinan kuningan meningkat signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya adalah adanya teknologi dunia maya. Dengan adanya teknologi website maka ingin membantu para ahli kerajinan logam untuk mengenalkan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah serta berbagai negara. Teknologi website sangat membantu para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yang tertolong adalah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan kuningan ke bekasi. Tak sekadar tsb saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke padang sidempuan.



Contoh Kerajinan Tembaga adalah kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, serta lain-lain. Pembeli jg dpt memesan kerajinan sesuai dengan keinginannya. Mereka bisa punya rancangan pribadi selanjutnya AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan tembaga tsb. Harga kerajinan sangat bermacam-macam tapi AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yang pas. Harga kerajinan disebabkan oleh banyak faktor. Banyak hal sbb ini adalah banyak faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin mahal disebabkan bahan baku yang dipakai jg banyak, demikian juga sebaliknya semakin mini tentu saja harganya semakin murah disebabkan bahan yang dipakai semakin sedikit), level kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian juga sebaliknya semakin tidak sulit, harga jg juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan tentu saja juga murah), untuk pesanan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentu saja otomatis ditambah biaya kirim.

Permasalahan para produsen kerajinan tembaga tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil dpt memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan tembaga. Disaat harga lempengan logam naik maka harga kerajinan tembaga akan naik. Problem lain, produsen Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama customer dpt meraih harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka produsen tembaga dpt eksis walaupun demikian minim untung. Oleh disebabkan tsb, pengrajin kerajinan tembaga selalu ingin kondisi ekonomi selalu stabil jadi tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan tembaga wajib kreatif serta wajib menyesuaikan keinginan masyarakat. Sekarang AA Gallery tdk sekadar meraih pesanan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan dekorasi hotel namun telah merambah pd projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya berukuran besar maka harga kubah masjid jg terbilang besar. Mengenai design kubah dpt mengikuti kemauan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menarik adalah AA Gallery meraih kepercayaan untuk membuat serta memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tdk sekadar satu saja melainkan banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb telah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka selanjutnya mjd sentra kegiatan serta ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk meraih pesanan kerajinan kuningan dari tegal. Bermodal pengalaman berpuluh tahun thn membuat kerajinan tembaga, AA Gallery semakin tahu teknik untuk membuat kerajinan tembaga yang berkualitas serta cocok yang diharapkan oleh semua customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yang urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar