Minggu, 08 Maret 2020

Bisnis Kerajinan Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Bondowoso

Bisnis Kerajinan Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Bondowoso . Kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah terletak di antara kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang terkenal . Kampung Tumang tsb dikenal sbg sentra bisnis seni ukir kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan logam telah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Lebih dari satu keluarga Jateng memilih kerja rumahan kerajinan kuningan untuk dijual ke banyak konsumen. Ketrampilan menempa kuningan dipunyai secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa masyarakat Tumang memulai kerja kerajinannya dgn hanya memproduksi alat keperluan rumah tangga seperti alat menanak nasi, wajan, ceret, serta sebagainya namun sekarang ini telah mengubah haluan ke kerajinan logam untuk kebutuhan interior masjid, gedung, serta lainnya.





Seni ukir tembaga serta kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, kini, mulai menarik dgn naiknya orderan, baik orderan lokal maupun internasional. Kerja kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh tak terkendali. Banyak orderan berdatangan dari banyak wilayah di Negara Tercinta serta luar negeri. Permintaan kerajinan kuningan semakin cukup signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya adalah adanya teknologi cyber. Dengan adanya teknologi website maka mau membantu para industri kerajinan kuningan untuk menawarkan kerajinan tembaganya ke semua wilayah serta manca negara. Teknologi website sangat membantu para industri kerajinan kuningan. Salah satu industri kerajinan kuningan yang terbantu adalah AA Gallery. Kini AA Gallery dapat menawarkan produk kerajinan kuningan ke kendari. Tak hanya itu saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke jakarta.



Contoh Seni Tembaga adalah kerajinan kaligrafi, robyong, relief, bowl, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, serta lain-lain. Pelanggan juga dapat mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dgn keinginannya. Mereka dpt mempunyai rancangan sendiri kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan logam tembaga sangat beraneka ragam namun AA Gallery mau berupaya memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam tembaga disebabkan oleh banyak faktor. Berikut ini ini adalah lebih dari satu faktor yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga semestinya harganya semakin mahal disebabkan bahan baku yang digunakan juga banyak, demikian sebaliknya semakin mungil semestinya harganya juga murah disebabkan bahan yang digunakan juga sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin gampang, harga juga juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan semestinya juga murah), untuk orderan dari wilayah lainnya di luar Tumang semestinya auto dikenai ongkir.

Permasalahan para perajin kerajinan kuningan tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil dapat memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan kuningan. Disaat harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan kuningan jg naik. Problem lainnya, perajin Tumang masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama pelanggan dapat mendapat harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka perajin tembaga dapat eksis walau minim untung. Oleh disebabkan itu, pengrajin kerajinan tembaga kontinyu menginginkan stabilitas ekonomi kontinyu stabil sehingga tak mengganggu kerja kerja kerajinan kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan kuningan diwajibkan inovatif serta diwajibkan menyesuaikan permintaan konsumen. Saat ini AA Gallery tak hanya mendapat orderan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan asesoris rumah tetapi telah bertambah pd projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga bernilai besar. Berkaitan dengan hiasan kubah dapat mengikuti kemauan pelanggan.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan adalah AA Gallery mendapat kepercayaan untuk memproduksi serta memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tak hanya satu sahaja tapi cukup banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu telah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang itu maka selanjutnya mjd sentra kegiatan serta ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan kuningan dari balikpapan. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun tahun membuat kerajinan kuningan, AA Gallery semakin paham metode guna memproduksi kerajinan kuningan yang berkualiti serta cocok yang diinginkan oleh semua pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang penting pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar