Minggu, 08 Maret 2020

Industri Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Ngada

Industri Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Ngada . Kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah posisinya diapit kaki gunung Merapi and Merbabu yang termahsyur itu. Kampung Tumang tsb dikenal sbg sentra perajin seni tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan logam sudah menyatu pd khalayak Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Banyak family Jawa Tengah mendirikan kerja rumahan kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke beragam konsumen. Keahlian mengolah tembaga dimiliki secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yang menyampaikan bahwa khalayak Tumang memulai kerja kerajinannya dgn hanya memproduksi alat kebutuhan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, wajan, teko, serta lain-lain tetapi sekarang ini sudah bertolak ke kerajinan logam untuk kebutuhan interior hotel, gedung, serta lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, akhir-akhir ini, mulai menggeliat dgn naiknya permintaan, baik permintaan lokal ataupun internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga tetap tumbuh tak terkendali. Banyak permintaan berdatangan dari beragam wilayah di NKRI serta manca negara. Pesanan kerajinan logam bertambah cukup signifikan ini karena oleh banyak parameter, contohnya yaitu adanya teknologi dunia maya. Dg adanya teknologi internet maka ingin menolong para pengrajin kerajinan tembaga untuk mengenalkan kerajinan kuningannya ke semua wilayah serta berbagai negara. Teknologi internet cukup menolong para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yang tertolong yaitu AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan kuningan ke banjarbaru. Tidak hanya itu saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke sibolga.



Contoh Kerajinan Logam Tembaga yaitu kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, serta lainnya. Pelanggan jg dpt mengorder kerajinan tembaga sesuai dgn kemauannya. Mereka bisa punya rancangan pribadi setelah itu AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn sahaja banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan tembaga cukup bervariasi tetapi AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak parameter. Berikut ini yaitu lebih dari satu parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin tinggi karena bahan baku yang digunakan jg banyak, demikian sebaliknya semakin mini tentu saja harganya jg murah karena bahan yang digunakan jg sedikit), level kerumitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin tak sulit, harganya jg semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan tentu saja juga murah), untuk permintaan dari wilayah lain tentu saja secara otomatis dikenai ongkir.

Kendala para ahli kerajinan logam kuningan nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil dpt mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jikalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam kuningan juga naik. Problem lain-lain, ahli Boyolali-Jateng masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama pelanggan dpt menerima harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka ahli tembaga dpt eksis walaupun demikian minim untung. Oleh karena itu, pebisnis kerajinan tembaga kontinyu ingin kondisi ekonomi kontinyu stabil shngg nggak mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai pebisnis kerajinan logam kuningan harus kreatif serta harus menyesuaikan permintaan masyarakat. Sekarang ini AA Gallery nggak hanya menerima permintaan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan asesoris rumah tetapi sudah bertambah pd proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg terbilang besar. Mengenai desain kubah dpt mengikuti keinginan pelanggan.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan yaitu AA Gallery menerima kepercayaan untuk memproduksi serta memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi nggak hanya satu saja tapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang itu maka selanjutnya mjd sentra aktivitas serta ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima permintaan kerajinan kuningan dari samarinda. Dengan modal pengalaman puluhan th berkarya kerajinan tembaga, AA Gallery semakin mengerti teknik untuk memproduksi kerajinan tembaga yang bermutu serta cocok yang diinginkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski laba sedikit yang urgen pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar