Kamis, 12 Maret 2020

Perajin Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Malinau

Perajin Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Malinau . Kampung Tumang, Boyolali-Jateng berada diapit kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yg terkenal itu. Kampung Tumang tsb disebut sbg pusat pengrajin seni ukir tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pada orang Tumang, Boyolali-Jateng. Beberapa family Cepogo membangun bisnis di rumah kerajinan kuningan buat dipasarkan ke banyak konsumen. Ketrampilan mengolah kuningan diwarisi secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yg menceritakan bahwa orang Tumang memulai bisnis kerajinannya dengan hanya menghasilkan alat perkakas rumah tangga misalnya alat menanak nasi, wajan, alat merebus air, & lain-lain namun masa ini telah berubah haluan ke kerajinan tembaga buat kebutuhan asesoris cafe, kantor, & lainnya.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng, masa ini, mulai memberi harapan dengan meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan nasional ataupun luar negeri. Usaha kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh tak terkendali. Banyak permintaan datang dari banyak daerah di Negara Kita & luar negeri. Pesanan kerajinan logam kuningan meningkat sangat signifikan ini karena oleh banyak parameter, contohnya yakni adanya teknologi website. Dgn adanya teknologi internet maka mau memudahkan para produsen kerajinan kuningan buat mempromosikan produknya ke seluruh daerah & banyak negara. Teknologi internet sangat memudahkan para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yg terbantu yakni AA Gallery. Kini AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan tembaga ke surabaya. Tak hanya itu saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke singkawang.



Contoh Kerajinan Kuningan yakni kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, & lainnya. Konsumen juga dapat mengorder kerajinan sesuai dengan seleranya. Mereka bisa mempunyai rancangan pribadi selanjutnya AA Gallery yg mengerjakannya.


Mgkn sahaja banyak yg menanyakan harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan sangat beraneka ragam namun AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yg kompetitif. Harga kerajinan ditentukan oleh banyak parameter. Dibawah ini ini yakni beberapa parameter yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah mahal karena bahan baku yg dimanfaatkan semakin banyak, demikian sebaliknya bertambah mini tentunya harganya jg murah karena bahan yg dimanfaatkan jg sedikit), tingkat kerumitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah mudah, harga juga semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan tentunya juga murah), jika permintaan dari daerah lainnya di luar Tumang tentunya akan ditambah ongkir.

Kendala para pengusaha kerajinan logam kuningan tak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tak stabil dapat mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Disaat harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam kuningan akan naik. Problem lainnya, pengusaha Boyolali-Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer dapat menerima harga yg telah ditetapkan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dapat eksis walaupun demikian minim untung. Oleh karena itu, pengusaha kerajinan tembaga kontinyu ingin kondisi ekonomi kontinyu stabil sehingga tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan logam kuningan diwajibkan inovatif & diwajibkan memantau permintaan pasar. Masa ini AA Gallery tak hanya menerima permintaan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan buat kebutuhan hiasan hotel tetapi telah merambah pada produksi kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan desain kubah dapat mengikuti kemauan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg menarik yakni AA Gallery menerima kepercayaan buat menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat tak hanya satu sahaja melainkan sangat banyak.

Islamic Center itu telah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center itu maka setelah itu menjadi pusat aktivitas & ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Setelah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima permintaan kerajinan tembaga dari tanjung balai. Dengan bekal pengalaman puluhan tahun menghasilkan seni logam, AA Gallery bertambah tahu cara guna menghasilkan seni logam yg berkualiti & sesuai yg diinginkan oleh semua customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yg urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar