Jumat, 13 Maret 2020

Pengrajin Seni Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Klaten

Pengrajin Seni Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Klaten . Kampung Tumang, Boyolali berlokasi diapit lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yg termahsyur . Kampung tsb disebut sebagai sentra pengrajin seni ukir tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan logam sudah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Boyolali. Beberapa family Boyolali-Jateng memilih usaha rumahan kerajinan logam buat dijual ke banyak konsumen. Ketrampilan mengolah logam didapatkan secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yg bercerita bahwa masyarakat Tumang memulai usaha kerajinannya dgn sekadar memproduksi alat kebutuhan rumah tangga seperti alat menanak nasi, panci, teko, dan lainnya akan tetapi sekarang sudah berubah haluan ke kerajinan logam buat keperluan dekorasi masjid, gedung, dan lainnya.





Seni ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Boyolali, kini, mulai memberi harapan dgn meningkatnya permintaan, baik permintaan nasional atau internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga terus berkembang cepat. Banyak permintaan berdatangan dari banyak wilayah di Negara Kita dan manca negara. Permintaan kerajinan logam semakin cukup signifikan ini karena oleh banyak faktor, contohnya adalah adanya teknologi dunia maya. Dgn adanya teknologi internet maka akan menolong para perajin kerajinan logam buat menawarkan kerajinan tembaganya ke semua wilayah dan berbagai negara. Teknologi internet sangat menolong para perajin kerajinan logam. Salah satu perajin kerajinan logam yg tertolong adalah AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan tembaga ke depok. Tdk sekadar tsb saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke surakarta.



Contoh Seni Tembaga adalah kerajinan kaligrafi, robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, air mancur, dan lain-lain. Pelanggan juga bisa memesan kerajinan logam sesuai dgn kemauannya. Mereka dapat memiliki design pribadi setelah itu AA Gallery yg membuatnya.


Mungkin sahaja banyak yg menanyakan harga kerajinan kuningan tsb. Harga kerajinan logam sangat beragam akan tetapi AA Gallery akan berupaya memberikan harga yg kompetitif. Harga kerajinan logam disebabkan oleh banyak faktor. Diantaranya sbb ini adalah beberapa faktor yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentunya harganya semakin mahal karena bahan yg digunakan bertambah banyak, demikian jg sebaliknya semakin kecil tentunya harganya jg murah karena bahan yg digunakan jg sedikit), tingkat kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian jg sebaliknya semakin tidak sulit, harganya juga semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan tentunya juga murah), untuk permintaan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentunya auto ditambah ongkir.

Kendala para pengusaha kerajinan kuningan nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yg nggak stabil bisa memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan kuningan. Jikalau harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan kuningan akan mahal. Problem lainnya, pengusaha Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama customer bisa memperoleh harga yg sudah diambil pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis walau demikian minim untung. Oleh karena tsb, pengusaha kerajinan tembaga selalu berharap stabilitas ekonomi selalu stabil jadi nggak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan kuningan diharuskan inovatif dan diharuskan menyesuaikan keinginan pasar. Kini AA Gallery nggak sekadar memperoleh permintaan kerajinan kuningan yg dibutuhkan buat keperluan asesoris hotel tetapi sudah bertambah pada pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan hiasan kubah bisa menyesuaikan kemauan customer.

Pada Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg membanggakan adalah AA Gallery memperoleh kepercayaan buat memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan nggak sekadar satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb sudah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tsb maka selanjutnya mjd sentra kegiatan dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi warga Indonesia.

Sesudah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh permintaan kerajinan kuningan dari bitung. Berbekal pengalaman berpuluh tahun tahun menghasilkan seni kuningan, AA Gallery semakin paham teknik untuk memproduksi seni kuningan yg memiliki kualitas dan cocok yg diinginkan oleh semua customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski laba sedikit yg urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar