Jumat, 13 Maret 2020

Produsen Seni Ukir Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Karang Asem

Produsen Seni Ukir Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Karang Asem . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng lokasinya di antara lereng gunung Merapi dan Merbabu yang terkenal itu. Perkampungan tsb disebut sebagai sentra industri seni tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan logam telah menyatu pd khalayak Tumang, Boyolali-Jateng. Beberapa keluarga Cepogo memilih bisnis di rumah kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke bermacam konsumen. Ketrampilan mengukir tembaga didapati secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yang menyampaikan bahwa khalayak Tumang memulai bisnis kerajinannya dengan hanya memproduksi alat kebutuhan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, wajan, baskom, juga sebagainya walau demikian kini telah berubah haluan ke kerajinan logam untuk keperluan ornamen cafe, gedung, juga lainnya.





Seni ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jateng, akhir-akhir ini, mulai menggeliat dengan naiknya permintaan, baik permintaan nasional ataupun internasional. Kerja kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh pesat. Banyak permintaan datang dari bermacam wilayah di NKRI juga luar negeri. Pesanan kerajinan logam kuningan mengalami kenaikan cukup signifikan ini karena oleh banyak faktor, contohnya yakni munculnya teknologi website. Dgn munculnya teknologi internet maka akan membantu para pengrajin kerajinan tembaga untuk menawarkan produknya ke semua wilayah juga manca negara. Teknologi internet cukup membantu para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yang terbantu yakni AA Gallery. Kini AA Gallery dpt menawarkan produk kerajinan kuningan ke surakarta. Nggak hanya tersebut saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke subulussalam.



Contoh Seni Logam yakni kerajinan kaligrafi, robyong, relief, bowl, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, juga lainnya. Pelanggan jg dpt mengorder kerajinan tembaga sesuai dengan seleranya. Mereka dpt memiliki desain sendiri setelah itu AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam kuningan tersebut. Harga kerajinan tembaga cukup beragam walau demikian AA Gallery akan berupaya memberikan harga yang pas. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak faktor. Contohnya berikut ini ini yakni lebih dari satu faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin mahal karena bahan baku yang digunakan semakin banyak, demikian juga sebaliknya semakin mini tentu saja harganya juga murah karena bahan yang digunakan juga sedikit), tingkat kesulitan produksi ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian juga sebaliknya semakin tak sulit, harganya jg juga murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan tentu saja semakin murah), untuk permintaan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentu saja secara otomatis ditambah biaya kirim.

Problem para pebisnis kerajinan logam kuningan nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil dpt memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jikalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam kuningan jg naik. Permasalahan lainnya, pebisnis Cepogo masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama customer dpt mendapat harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dpt eksis walau minim untung. Oleh karena tersebut, pebisnis kerajinan tembaga terus-menerus menginginkan stabilitas ekonomi terus-menerus stabil shngg nggak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam kuningan.

Sebagai pebisnis kerajinan logam kuningan wajib kreatif juga wajib menyesuaikan permintaan masyarakat. Sekarang AA Gallery nggak hanya mendapat permintaan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan interior rumah namun telah bertambah pd projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid jg bernilai besar. Tentang ukiran kubah dpt menyesuaikan keinginan customer.

Pd Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan yakni AA Gallery mendapat kepercayaan untuk memproduksi juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan nggak hanya satu saja akan tetapi begitu banyak.

Islamic Center tersebut telah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center tersebut maka setelah itu menjadi sentra aktivitas juga ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, kini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan kuningan dari banjarbaru. Bermodal pengalaman berpuluh tahun thn memproduksi seni logam, AA Gallery semakin mengerti teknik untuk memproduksi seni logam yang memiliki kualitas juga cocok yang diinginkan oleh seluruh customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yang urgen customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar