Jumat, 13 Maret 2020

Pengusaha Kerajinan Tembaga Melayani Pelanggan Kota Kupang

Pengusaha Kerajinan Tembaga Melayani Pelanggan Kota Kupang . Kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah posisinya diapit kaki gunung Merapi & Merbabu yang termahsyur . Kampung tsb diketahui sbg pusat pengusaha seni ukir tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan kuningan sudah menyatu pada orang Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Banyak keluarga Jateng membangun usaha rumahan kerajinan logam buat dipasarkan ke bermacam konsumen. Skill menempa logam dipunyai secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yang bercerita bahwa orang Tumang mengawali usaha kerajinannya dgn hanya membuat alat keperluan rumah tangga diantaranya dandang, wajan, ceret, dan lain-lain namun saat ini sudah bertolak ke kerajinan kuningan buat keperluan interior cafe, rumah, dan lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, sekarang, mulai memberi harapan dgn meningkatnya orderan, baik orderan nasional atau manca negara. Usaha kerajinan ukir tembaga semakin berkembang tak terkendali. Banyak orderan datang dari bermacam daerah di Negara Tercinta dan manca negara. Orderan kerajinan logam kuningan semakin cukup signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, diantaranya yakni adanya teknologi website. Dengan adanya teknologi internet maka ingin membantu para pengrajin kerajinan logam buat mempromosikan kerajinan kuningannya ke semua daerah dan manca negara. Teknologi internet cukup membantu para pengrajin kerajinan logam. Salah satu pengrajin kerajinan logam yang terbantu yakni AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan tembaga ke ternate. Tidak hanya itu saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke lubuklinggau.



Contoh Kerajinan Logam yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, dan lainnya. Pembeli jg bisa mengorder kerajinan tembaga sesuai dgn keinginannya. Mereka dpt mempunyai desain pribadi setelah itu AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan tembaga cukup beraneka ragam namun AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yang kompetitif. Harga kerajinan tembaga dipengaruhi oleh banyak parameter. Berikut ini yakni banyak parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentu harganya semakin tinggi disebabkan bahan yang dimanfaatkan bertambah banyak, demikian sebaliknya semakin mungil tentu harganya semakin murah disebabkan bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), level kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin mudah, harganya jg semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan tentu juga murah), untuk orderan dari daerah lainnya tentu secara otomatis ditambah biaya kirim.

Problem para ahli kerajinan tembaga nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil bisa mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Ketika harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan tembaga juga mahal. Problem lain-lain, ahli Cepogo-Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama pelanggan bisa mendapat harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh disebabkan itu, produsen kerajinan tembaga kontinyu berdoa kondisi ekonomi kontinyu stabil jadi nggak mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai produsen kerajinan tembaga harus inovatif dan harus memantau selera prospek. Sekarang AA Gallery nggak hanya mendapat orderan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat keperluan dekorasi kantor tapi sudah bertambah pada projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Berhubungan dengan hiasan kubah bisa menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menarik yakni AA Gallery mendapat kepercayaan buat membuat dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan nggak hanya satu sahaja tapi begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah diresmikan oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka setelah itu mjd pusat kegiatan dan ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, saat ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan kuningan dari probolinggo. Berbekal pengalaman berpuluh tahun thn membuat seni kuningan, AA Gallery semakin mengerti teknik guna membuat seni kuningan yang berkelas dan sesuai yang diharapkan oleh semua pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meskipun laba sedikit yang urgen pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar