Jumat, 13 Maret 2020

Perajin Seni Ukir Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Grobogan

Perajin Seni Ukir Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Grobogan . Kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah lokasinya diapit lereng gunung Merapi & Merbabu yg terkenal itu. Kampung tersebut dikenal sebagai pusat pengusaha kerajinan kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pada publik Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Banyak keluarga Jawa Tengah mendirikan usaha rumahan kerajinan logam buat dipasarkan ke berbagai konsumen. Ketrampilan mengukir logam dipunyai secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Banyak yg menceritakan bahwa publik Tumang mengawali usaha kerajinannya dg hanya menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga seperti alat menanak nasi, wajan, baskom, and lainnya akan tetapi masa ini telah berubah haluan ke kerajinan tembaga buat kebutuhan ornamen restoran, rumah, and lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga and kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, saat ini, mulai menarik dg naiknya jumlah permintaan, baik permintaan daerah maupun internasional. Usaha kerajinan ukir kuningan selalu tumbuh pesat. Banyak permintaan berdatangan dari berbagai wilayah di Negara Kita and manca negara. Orderan kerajinan tembaga mengalami penambahan cukup signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, diantaranya yaitu munculnya teknologi dunia maya. Dg munculnya teknologi website maka akan menolong para perajin kerajinan logam buat mengiklankan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah and manca negara. Teknologi website cukup menolong para perajin kerajinan logam. Salah satu perajin kerajinan logam yg terbantu yaitu AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan kuningan ke bogor. Tdk hanya itu saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke bekasi.



Contoh Kerajinan Kuningan yaitu lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, air mancur, and lainnya. Pelanggan jg bisa memesan kerajinan logam sesuai dg kemauannya. Mereka bisa mempunyai desain sendiri setelah itu AA Gallery yg membuatnya.


Mgkn tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan logam cukup beraneka ragam akan tetapi AA Gallery akan berusaha memberikan harga yg menarik. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak parameter. Antara lain ini yaitu banyak parameter yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin mahal disebabkan bahan baku yg dimanfaatkan jg banyak, demikian sebaliknya semakin mini sudah sewajarnya harganya juga murah disebabkan bahan yg dimanfaatkan juga sedikit), level kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin mudah, harganya jg semakin murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan sudah sewajarnya semakin murah), jika permintaan dari wilayah lain sudah sewajarnya auto ditambah biaya kirim.

Kendala para ahli kerajinan tembaga tak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tak stabil bisa mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Disaat harga lempengan logam naik maka harga kerajinan tembaga akan naik. Permasalahan lain-lain, ahli Cepogo masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama konsumen bisa meraih harga yg telah diputuskan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh disebabkan itu, produsen kerajinan tembaga selalu menginginkan kondisi ekonomi selalu stabil sehingga tak mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai produsen kerajinan tembaga harus kreatif and harus memantau selera konsumen. Sekarang AA Gallery tak hanya meraih permintaan kerajinan tembaga yg dibutuhkan buat kebutuhan eksterior rumah tetapi telah merambah pada projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid jg bernilai besar. Berkaitan dengan ukiran kubah bisa mengikuti keinginan konsumen.

Pd bln Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg menyenangkan yaitu AA Gallery meraih kepercayaan buat menghasilkan and memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat tak hanya satu sahaja tetapi begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu telah diresmikan oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka kemudian mjd pusat kegiatan and ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Sesudah berpengalaman sejak thn 1990-an, masa ini AA Gallery semakin percaya diri untuk meraih permintaan kerajinan kuningan dari dumai. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun thn membuat kerajinan kuningan, AA Gallery semakin mengerti teknik untuk menghasilkan kerajinan kuningan yg berkualiti and sesuai yg diinginkan oleh seluruh konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meski laba sedikit yg urgen konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar