Jumat, 13 Maret 2020

Pengusaha Seni Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Murung Raya

Pengusaha Seni Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Murung Raya . Perkampungan Tumang, Cepogo terletak di antara kaki gunung Merapi and Merbabu yang termahsyur itu. Perkampungan Tumang tsb disebut sbg pusat perajin seni tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam sudah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Cepogo. Lebih dari satu family di sana membangun kerja rumahan kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke beragam konsumen. Keahlian mengukir kuningan dipunyai secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa masyarakat Tumang mengawali kerja kerajinannya dengan sekedar memproduksi alat keperluan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, wajan, alat merebus air, juga sebagainya walau demikian sekarang ini sudah berubah haluan ke kerajinan logam untuk keperluan asesoris hotel, rumah, juga lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo, sekarang, mulai menarik dengan meningkatnya permintaan, baik permintaan nasional maupun luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh cepat. Banyak permintaan berdatangan dari beragam daerah di Negara Kita juga luar negeri. Orderan kerajinan logam tembaga mengalami penambahan cukup signifikan ini sebab oleh banyak parameter, contohnya yaitu munculnya teknologi dunia maya. Dgn munculnya teknologi internet maka mau memudahkan para ahli kerajinan kuningan untuk menawarkan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah juga manca negara. Teknologi internet cukup memudahkan para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yang terbantu yaitu AA Gallery. Saat ini AA Gallery dpt menawarkan produk kerajinan tembaga ke tarakan. Tak sekedar tersebut saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke prabumulih.



Contoh Seni Kuningan yaitu kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, juga lain-lain. Pembeli juga dpt mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dengan seleranya. Mereka dapat punya design sendiri kemudian AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin banyak yang ingin tahu harga kerajinan logam tembaga tersebut. Harga kerajinan logam tembaga cukup bermacam-macam walau demikian AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan logam tembaga disebabkan oleh banyak parameter. Antara lain ini yaitu lebih dari satu parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga tentu harganya semakin tinggi sebab bahan baku yang dimanfaatkan semakin banyak, demikian juga sebaliknya semakin mini tentu harganya jg murah sebab bahan yang dimanfaatkan jg sedikit), tingkat kerumitan produksi ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin tak sulit, harganya juga semakin murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan tentu semakin murah), jika permintaan dari daerah lain tentu auto dikenai ongkir.

Permasalahan para pebisnis kerajinan logam tembaga nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil dpt memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Disaat harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam tembaga akan mahal. Permasalahan lain, pebisnis Cepogo masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama customer dpt memperoleh harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dpt eksis meski minim untung. Oleh sebab tersebut, pengusaha kerajinan tembaga selalu ingin kondisi ekonomi selalu stabil shngg nggak mengganggu kerja kerja kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan logam tembaga diwajibkan inovatif juga diwajibkan menyesuaikan permintaan pasar. Kini AA Gallery nggak sekedar memperoleh permintaan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan hiasan rumah tetapi sudah merambah pada pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Mengenai hiasan kubah dpt mengikuti keinginan customer.

Pd Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang keren yaitu AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk memproduksi juga memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi nggak sekedar satu saja tapi begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut sudah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka selanjutnya mjd pusat kegiatan juga ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk memperoleh permintaan kerajinan kuningan dari magelang. Berbekal pengalaman puluhan thn berkarya seni kuningan, AA Gallery semakin mengetahui teknik untuk memproduksi seni kuningan yang berkualiti juga sesuai yang diharapkan oleh semua customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yang urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar