Jumat, 13 Maret 2020

Bisnis Seni Ukir Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Nganjuk

Bisnis Seni Ukir Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Nganjuk . Perkampungan Tumang, Jawa Tengah lokasinya di antara kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yang termahsyur . Perkampungan tsb dikenal sebagai sentra perajin kerajinan kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam telah menyatu pd publik Tumang, Jawa Tengah. Lebih dari satu saudara Boyolali-Jawa Tengah membangun usaha rumahan kerajinan kuningan untuk dijual ke banyak pasar. Ketrampilan mengukir kuningan didapatkan secara turun-temurun dari para pendahulunya. Banyak yang menyampaikan bahwa publik Tumang mengawali usaha kerajinannya dg sekadar membuat alat kebutuhan rumah tangga seperti alat menanak nasi, panci, teko, dan lainnya tapi masa ini telah berganti ke kerajinan logam untuk kebutuhan eksterior hotel, gedung, dan lainnya.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Jawa Tengah, kini, mulai bergairah dg naiknya jumlah orderan, baik orderan lokal maupun internasional. Kerja kerajinan ukir kuningan tetap tumbuh tak terkendali. Banyak orderan berdatangan dari banyak wilayah di Negara Tercinta dan luar negeri. Permintaan kerajinan kuningan bertambah sangat signifikan ini karena oleh banyak faktor, contohnya ialah adanya teknologi cyber. Dgn adanya teknologi internet maka ingin membantu para perajin kerajinan kuningan untuk mengenalkan kerajinan tembaganya ke semua wilayah dan banyak negara. Teknologi internet begitu membantu para perajin kerajinan kuningan. Salah satu perajin kerajinan kuningan yang terbantu ialah AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat mengenalkan produk kerajinan kuningan ke salatiga. Tidak sekadar tersebut saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke banten.



Contoh Kerajinan Kuningan ialah kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, air mancur, dan lainnya. Konsumen jg dapat mengorder kerajinan tembaga sesuai dg seleranya. Mereka dpt punya rancangan pribadi setelah itu AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan logam kuningan tersebut. Harga kerajinan tembaga begitu beraneka ragam tapi AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yang pas. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak faktor. Antara lain ini ialah lebih dari satu faktor yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentunya harganya semakin tinggi karena bahan yang dipakai bertambah banyak, demikian sebaliknya semakin kecil tentunya harganya jg murah karena bahan yang dipakai jg sedikit), tingkat kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harganya jg juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan tentunya juga murah), jika orderan dari wilayah lain tentunya otomatis dikenai biaya kirim.

Kendala para perajin kerajinan logam kuningan nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil dapat memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Kalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam kuningan akan naik. Problem lainnya, perajin Boyolali-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama customer dapat mendapat harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka perajin tembaga dapat eksis walaupun demikian minim untung. Oleh karena tersebut, ahli kerajinan tembaga selalu berdoa stabilitas ekonomi selalu stabil sehingga nggak mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai ahli kerajinan logam kuningan wajib kreatif dan wajib memantau selera prospek. Saat ini AA Gallery nggak sekadar mendapat orderan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan dekorasi rumah tetapi telah merambah pd projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg terbilang besar. Mengenai desain kubah dapat mengikuti kemauan customer.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan ialah AA Gallery mendapat kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan nggak sekadar satu saja tetapi sangat banyak.

Islamic Center tersebut telah dibuka secara resmi oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center tersebut maka setelah itu mjd sentra kegiatan dan ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Setelah berpengalaman sejak th 1990-an, masa ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan kuningan dari sibolga. Dengan modal pengalaman puluhan th memproduksi seni kuningan, AA Gallery semakin mengerti cara guna membuat seni kuningan yang bermutu dan sesuai yang diinginkan oleh semua customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah laba sedikit yang penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar