Minggu, 08 Maret 2020

Bisnis Seni Logam Kuningan Melayani Prospek Kota Sukabumi

Bisnis Seni Logam Kuningan Melayani Prospek Kota Sukabumi . Desa Tumang, Jawa Tengah posisinya diapit kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang termahsyur . Desa tersebut disebut sebagai sentra ahli seni ukir tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan logam sudah mendarah daging pada orang Tumang, Jawa Tengah. Beberapa keluarga Tumang memilih kerja rumahan kerajinan kuningan untuk dipasarkan ke banyak konsumen. Skill mengolah kuningan didapatkan secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa orang Tumang mengawali kerja kerajinannya dg hanya memproduksi alat keperluan rumah tangga diantaranya dandang, wajan, ceret, serta lainnya tapi sekarang ini sudah mengubah haluan ke kerajinan logam untuk keperluan asesoris masjid, gedung, serta lain-lain.





Seni ukir tembaga serta kuningan di kampung Tumang, Jawa Tengah, baru-baru ini, mulai memberi harapan dg naiknya permintaan, baik permintaan nasional maupun luar negeri. Bisnis kerajinan ukir tembaga selalu berkembang pesat. Banyak permintaan datang dari banyak daerah di Negara Kita serta manca negara. Orderan kerajinan kuningan bertambah signifikan ini sebab oleh banyak parameter, diantaranya merupakan munculnya teknologi cyber. Dg munculnya teknologi internet maka akan membantu para produsen kerajinan kuningan untuk menawarkan produknya ke semua daerah serta manca negara. Teknologi internet membantu para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yang tertolong merupakan AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt menawarkan produk kerajinan tembaga ke banjarbaru. Tidak hanya itu saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke banjarbaru.



Contoh Seni Logam merupakan kerajinan kaligrafi, robyong, relief, bowl, lampu dinding, kubah masjid, air mancur, serta lain-lain. Konsumen juga dpt mengorder kerajinan logam sesuai dg kemauannya. Mereka bisa mempunyai rancangan sendiri kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin sahaja banyak yang menanyakan harga kerajinan logam tembaga itu. Harga kerajinan logam beraneka ragam tapi AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam disebabkan oleh banyak parameter. Dibawah ini ini merupakan lebih dari satu parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin tinggi sebab bahan baku yang digunakan semakin banyak, demikian sebaliknya semakin mungil tentu saja harganya jg murah sebab bahan yang digunakan jg sedikit), level kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin gampang, harga juga menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan tentu saja semakin murah), jika permintaan dari daerah lain di luar Tumang tentu saja auto ditambah ongkir.

Permasalahan para perajin kerajinan logam tembaga tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil dpt memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Kalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam tembaga juga naik. Problem lain-lain, perajin Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama konsumen dpt mendapat harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka perajin tembaga dpt eksis walau minim untung. Oleh sebab itu, pengrajin kerajinan tembaga terus-menerus bermimpi kondisi ekonomi terus-menerus stabil sehingga tdk mengganggu kerja kerja kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan logam tembaga diharuskan inovatif serta diharuskan memantau keinginan konsumen. Kini AA Gallery tdk hanya mendapat permintaan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan interior kantor tetapi sudah bertambah pada projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan ukiran kubah dpt mengikuti kemauan konsumen.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang keren merupakan AA Gallery mendapat kepercayaan untuk memproduksi serta memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tdk hanya satu saja tapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang itu maka selanjutnya mjd sentra aktivitas serta ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Setelah berpengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan kuningan dari sawahlunto. Berbekal pengalaman berpuluh tahun thn berkarya kerajinan logam, AA Gallery semakin paham metode guna memproduksi kerajinan logam yang ber-quality serta sesuai yang diharapkan oleh seluruh konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar