Jumat, 13 Maret 2020

Bisnis Kerajinan Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Manggarai

Bisnis Kerajinan Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Manggarai . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng posisinya di antara lereng gunung Merapi & Merbabu yang banyak dikenal itu. Perkampungan tsb diketahui sbg pusat pengusaha kerajinan tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam kuningan sudah menyatu pd orang Tumang, Boyolali-Jateng. Banyak saudara Boyolali memilih usaha rumahan kerajinan tembaga buat dipasarkan ke beragam pasar. Ketrampilan menempa tembaga dimiliki secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa orang Tumang memulai usaha kerajinannya dengan sekadar memproduksi alat perkakas rumah tangga contohnya dandang, wajan, baskom, & lain-lain akan tetapi saat ini sudah mengubah haluan ke kerajinan logam kuningan buat kebutuhan asesoris masjid, rumah, & lainnya.





Seni ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jateng, sekarang ini, mulai menarik dengan naiknya jumlah orderan, baik orderan daerah maupun internasional. Usaha kerajinan ukir tembaga terus tumbuh tak terelakan. Banyak orderan berdatangan dari beragam daerah di Negara Kita & manca negara. Pesanan kerajinan logam tembaga mengalami penambahan begitu signifikan ini sebab oleh banyak variabel, contohnya merupakan munculnya teknologi website. Dengan munculnya teknologi website maka akan membantu para ahli kerajinan tembaga buat menawarkan produknya ke semua daerah & berbagai negara. Teknologi website cukup membantu para ahli kerajinan tembaga. Salah satu ahli kerajinan tembaga yang terbantu merupakan AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dapat menawarkan produk kerajinan kuningan ke ternate. Tidak sekadar itu saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke gunung sitoli.



Contoh Seni Logam Tembaga merupakan kerajinan kaligrafi, robyong, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, bak mandi, & lain-lain. Pembeli jg dapat mengorder kerajinan logam sesuai dengan keinginannya. Mereka dpt mempunyai rancangan pribadi kemudian AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan logam cukup beragam akan tetapi AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak variabel. Banyak hal sbb ini merupakan banyak variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin mahal sebab bahan yang digunakan jg banyak, demikian jg sebaliknya semakin mini tentu saja harganya juga murah sebab bahan yang digunakan juga sedikit), level kesulitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian jg sebaliknya semakin tidak sulit, harga jg juga murah), kuantitas ( semakin banyak orderan tentu saja semakin murah), jika orderan dari daerah lainnya tentu saja akan ditambah biaya kirim.

Kendala para pengrajin kerajinan tembaga tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dapat memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan tembaga. Jikalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan tembaga akan naik. Problem lainnya, pengrajin Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama konsumen dapat memperoleh harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dapat eksis walaupun minim untung. Oleh sebab itu, pengusaha kerajinan tembaga terus-menerus bermimpi kondisi ekonomi terus-menerus stabil sehingga tidak mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan tembaga harus inovatif & harus memantau permintaan konsumen. Kini AA Gallery tidak sekadar memperoleh orderan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat kebutuhan asesoris hotel tetapi sudah bertambah pd projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Mengenai hiasan kubah dapat menyesuaikan keinginan konsumen.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang keren merupakan AA Gallery memperoleh kepercayaan buat memproduksi & memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tidak sekadar satu saja tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang itu maka kemudian menjadi pusat kegiatan & ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan tembaga dari pariaman. Bermodalkan pengalaman puluhan tahun menghasilkan kerajinan kuningan, AA Gallery semakin mengerti cara untuk memproduksi kerajinan kuningan yang berkualitas & cocok yang diinginkan oleh seluruh konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yang penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar