Minggu, 08 Maret 2020

Pengrajin Kerajinan Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Toli-toli

Pengrajin Kerajinan Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Toli-toli . Perkampungan Tumang, Jawa Tengah lokasinya di antara lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yg banyak dikenal itu. Perkampungan Tumang tersebut dikenal sbg pusat pengrajin seni tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan kuningan sudah menyatu pada masyarakat Tumang, Jawa Tengah. Lebih dari satu family Boyolali-Jateng memilih usaha di rumah kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke beragam pasar. Ketrampilan menempa tembaga dipunyai secara turun-temurun dari para pendahulunya. Banyak yg menceritakan bahwa masyarakat Tumang mengawali usaha kerajinannya dgn cuma membuat alat keperluan rumah tangga seperti alat menanak nasi, wajan, baskom, & lain-lain walau demikian saat ini sudah bertolak ke kerajinan kuningan untuk keperluan asesoris hotel, gedung, & lain-lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Jawa Tengah, sekarang ini, mulai menarik dgn meningkatnya permintaan, baik permintaan lokal maupun manca negara. Bisnis kerajinan ukir tembaga terus tumbuh cepat. Banyak permintaan berdatangan dari beragam wilayah di Negara Tercinta & luar negeri. Permintaan kerajinan logam kuningan semakin cukup signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, diantaranya adalah hadirnya teknologi website. Dgn hadirnya teknologi internet maka ingin menolong para pengrajin kerajinan tembaga untuk mengenalkan produknya ke semua wilayah & berbagai negara. Teknologi internet begitu menolong para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yg terbantu adalah AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke balikpapan. Tdk cuma tersebut saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke padang sidempuan.



Contoh Seni Logam Tembaga adalah robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, air mancur, & lainnya. Customer juga bisa memesan kerajinan kuningan sesuai dgn seleranya. Mereka dapat punya design pribadi AA Gallery yg memproduksinya.


Mungkin saja tidak sedikit yg menanyakan harga kerajinan logam kuningan tersebut. Harga kerajinan kuningan begitu bermacam-macam walau demikian AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yg menarik. Harga kerajinan kuningan disebabkan oleh banyak variabel. Diantaranya sebagai berikut ini adalah lebih dari satu variabel yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga semestinya harganya semakin mahal dikarenakan bahan baku yg digunakan jg banyak, demikian sebaliknya semakin mungil semestinya harganya semakin murah dikarenakan bahan yg digunakan semakin sedikit), level kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harganya juga juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan semestinya juga murah), untuk permintaan dari wilayah lain semestinya auto ditambah ongkir.

Permasalahan para ahli kerajinan logam kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yg tidak stabil bisa memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Disaat harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam kuningan akan mahal. Permasalahan lain-lain, ahli Boyolali-Jateng masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama konsumen bisa mendapat harga yg sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis meskipun minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, pengrajin kerajinan tembaga selalu berdoa kondisi ekonomi selalu stabil sehingga tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan logam kuningan wajib kreatif & wajib memantau permintaan prospek. Saat ini AA Gallery tidak cuma mendapat permintaan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan untuk keperluan dekorasi kantor tetapi sudah bertambah pada pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Tentang hiasan kubah bisa mengikuti keinginan konsumen.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg menarik adalah AA Gallery mendapat kepercayaan untuk membuat & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat tidak cuma satu sahaja akan tetapi sangat banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut sudah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka selanjutnya menjadi pusat kegiatan & ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan kuningan dari padang panjang. Dengan bekal pengalaman puluhan tahun menghasilkan kerajinan tembaga, AA Gallery semakin paham cara untuk membuat kerajinan tembaga yg berkualiti & sesuai yg diharapkan oleh seluruh konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yg penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar