Jumat, 13 Maret 2020

Ahli Seni Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Timor Tengah Selatan

Ahli Seni Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Timor Tengah Selatan . Kampung Tumang, Jawa Tengah terletak di antara kaki gunung Merapi and Merbabu yang termahsyur itu. Kampung Tumang tersebut dikenal sbg pusat ahli seni ukir kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam telah menyatu pada publik Tumang, Jawa Tengah. Beberapa family Cepogo-Jawa Tengah membangun usaha rumahan kerajinan kuningan untuk dijual ke bermacam pasar. Ketrampilan mengukir kuningan dimiliki secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Banyak yang menyampaikan bahwa publik Tumang memulai usaha kerajinannya dengan sekadar membuat alat kebutuhan rumah tangga seperti alat menanak nasi, wajan, baskom, juga lainnya akan tetapi saat ini telah bertolak ke kerajinan logam untuk keperluan dekorasi hotel, rumah, juga lainnya.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Jawa Tengah, sekarang, mulai menarik dengan meningkatnya orderan, baik orderan nasional maupun manca negara. Kerja kerajinan ukir kuningan tetap berkembang tak terelakan. Banyak orderan datang dari bermacam wilayah di Negara Tercinta juga luar negeri. Permintaan kerajinan logam kuningan semakin sangat signifikan ini karena oleh banyak parameter, contohnya adalah munculnya teknologi internet. Dg munculnya teknologi internet maka ingin memudahkan para ahli kerajinan kuningan untuk mengenalkan kerajinan tembaganya ke semua wilayah juga berbagai negara. Teknologi internet amat memudahkan para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yang tertolong adalah AA Gallery. Kini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan kuningan ke ambon. Tidak sekadar tersebut saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke solo.



Contoh Kerajinan Logam adalah kerajinan kaligrafi, robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, air mancur, juga lain-lain. Konsumen jg dpt memesan kerajinan logam tembaga sesuai dengan seleranya. Mereka dpt mempunyai design sendiri kemudian AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn banyak yang ingin tahu harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan logam tembaga amat bervariasi akan tetapi AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yang kompetitif. Harga kerajinan logam tembaga disebabkan oleh banyak parameter. Banyak hal sbb ini adalah beberapa parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah mahal karena bahan baku yang digunakan juga banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mungil sudah sewajarnya harganya semakin murah karena bahan yang digunakan semakin sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah mudah, harganya jg juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan sudah sewajarnya semakin murah), untuk orderan dari wilayah lainnya sudah sewajarnya mau-tidak mau dikenai biaya kirim.

Problem para industri kerajinan logam tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil dpt memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan logam. Kalau harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam jg mahal. Permasalahan lainnya, industri Cepogo-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama konsumen dpt menerima harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka industri tembaga dpt eksis walau minim untung. Oleh karena tersebut, pengusaha kerajinan tembaga terus-menerus menginginkan stabilitas ekonomi terus-menerus stabil jadi tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai pengusaha kerajinan logam diharuskan inovatif juga diharuskan menyesuaikan keinginan konsumen. Kini AA Gallery tidak sekadar menerima orderan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk keperluan hiasan hotel tetapi telah bertambah pada proyek kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan desain kubah dpt menyesuaikan keinginan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan adalah AA Gallery menerima kepercayaan untuk membuat juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tidak sekadar satu sahaja melainkan begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut telah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka kemudian mjd pusat kegiatan juga ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Setelah berpengalaman sejak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk menerima orderan kerajinan tembaga dari pekanbaru. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun tahun membuat seni kuningan, AA Gallery bertambah mengerti metode untuk membuat seni kuningan yang memiliki kualitas juga cocok yang diinginkan oleh seluruh konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah laba sedikit yang urgen konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar