Jumat, 13 Maret 2020

Pengrajin Seni Ukir Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Dharmasraya

Pengrajin Seni Ukir Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Dharmasraya . Kampung Tumang, Jateng posisinya di antara lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal . Kampung tersebut dikenal sbg sentra ahli seni ukir kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan kuningan telah mendarah daging pd orang Tumang, Jateng. Banyak family Boyolali-Jateng membangun kerja di rumah kerajinan tembaga untuk dijual ke bermacam pasar. Ketrampilan mengolah tembaga dipunyai secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa orang Tumang mengawali kerja kerajinannya dengan cuma menghasilkan alat perkakas rumah tangga contohnya dandang, panci, baskom, serta lainnya tetapi sekarang telah berubah haluan ke kerajinan kuningan untuk kebutuhan ornamen hotel, gedung, serta lainnya.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di perkampungan Tumang, Jateng, kini, mulai menarik dengan naiknya jumlah orderan, baik orderan daerah ataupun luar negeri. Usaha kerajinan ukir kuningan selalu tumbuh cepat. Banyak orderan datang dari bermacam daerah di Negeri Kita serta manca negara. Orderan kerajinan logam kuningan bertambah signifikan ini karena oleh banyak variabel, diantaranya ialah munculnya teknologi cyber. Dengan munculnya teknologi website maka ingin membantu para perajin kerajinan tembaga untuk menawarkan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah serta berbagai negara. Teknologi website begitu membantu para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yang tertolong ialah AA Gallery. Saat ini AA Gallery dpt menawarkan produk kerajinan kuningan ke serang. Nggak cuma tsb saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke prabumulih.



Contoh Kerajinan Logam ialah lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, serta lainnya. Customer juga dpt memesan kerajinan logam sesuai dengan kemauannya. Mereka dpt mempunyai desain sendiri setelah itu AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin saja tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan logam begitu bervariasi tetapi AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan logam ditentukan oleh banyak variabel. Contohnya berikut ini ini ialah lebih dari satu variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu harganya bertambah mahal karena bahan baku yang digunakan semakin banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil tentu harganya jg murah karena bahan yang digunakan jg sedikit), level kerumitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah gampang, harganya juga juga murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan tentu juga murah), untuk orderan dari daerah lain di luar Tumang tentu auto dikenai biaya kirim.

Kendala para industri kerajinan logam tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dpt memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam. Jikalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam juga mahal. Problem lainnya, industri Boyolali masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama customer dpt meraih harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka industri tembaga dpt eksis walau demikian minim untung. Oleh karena tsb, produsen kerajinan tembaga selalu berdoa kondisi ekonomi selalu stabil jadi tidak mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai produsen kerajinan logam wajib inovatif serta wajib menyesuaikan keinginan konsumen. Kini AA Gallery tidak cuma meraih orderan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk kebutuhan interior rumah namun telah bertambah pd pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan desain kubah dpt mengikuti keinginan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang keren ialah AA Gallery meraih kepercayaan untuk menghasilkan serta memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tidak cuma satu saja tetapi sangat banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tsb maka kemudian menjadi sentra kegiatan serta ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman sejak thn 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk meraih orderan kerajinan kuningan dari tegal. Bermodalkan pengalaman puluhan thn memproduksi seni tembaga, AA Gallery bertambah mengetahui teknik untuk menghasilkan seni tembaga yang bermutu serta cocok yang diinginkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang penting customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar