Minggu, 08 Maret 2020

Perajin Seni Logam Kuningan Melayani Prospek Kota Makassar

Perajin Seni Logam Kuningan Melayani Prospek Kota Makassar . Perkampungan Tumang, Cepogo posisinya di antara kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang banyak dikenal itu. Perkampungan Tumang tersebut diketahui sebagai pusat pengusaha seni ukir kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan kuningan telah menyatu pd khalayak Tumang, Cepogo. Beberapa saudara Tumang membangun bisnis rumahan kerajinan kuningan untuk dijual ke banyak pasar. Ketrampilan menempa kuningan didapati secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Banyak yang bercerita bahwa khalayak Tumang mengawali bisnis kerajinannya dengan sekadar membuat alat perkakas rumah tangga diantaranya dandang, panci, baskom, and lainnya walaupun demikian sekarang telah berubah haluan ke kerajinan kuningan untuk kebutuhan ornamen masjid, rumah, and lainnya.





Seni ukir tembaga and kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo, baru-baru ini, mulai memberi harapan dengan meningkatnya jumlah orderan, baik orderan daerah maupun internasional. Usaha kerajinan ukir kuningan tetap berkembang pesat. Banyak orderan berdatangan dari banyak wilayah di Negara Tercinta and manca negara. Pesanan kerajinan logam mengalami kenaikan sangat signifikan ini sebab oleh banyak variabel, diantaranya yakni adanya teknologi dunia maya. Dg adanya teknologi internet maka akan menolong para perajin kerajinan kuningan untuk mempromosikan produknya ke seluruh wilayah and manca negara. Teknologi internet amat menolong para perajin kerajinan kuningan. Salah satu perajin kerajinan kuningan yang tertolong yakni AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan tembaga ke bukit tinggi. Tak sekadar tersebut saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke medan.



Contoh Seni Logam yakni lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, and lain-lain. Customer juga dapat mengorder kerajinan kuningan sesuai dengan keinginannya. Mereka dapat memiliki rancangan sendiri setelah itu AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin sahaja banyak yang ingin tahu harga kerajinan kuningan tersebut. Harga kerajinan kuningan amat bervariasi walaupun demikian AA Gallery akan berupaya memberikan harga yang pas. Harga kerajinan kuningan dipengaruhi oleh banyak variabel. Diantaranya sebagai berikut ini yakni lebih dari satu variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentu harganya semakin tinggi sebab bahan yang dipakai bertambah banyak, demikian jg sebaliknya semakin mungil tentu harganya jg murah sebab bahan yang dipakai jg sedikit), level kesulitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin tak sulit, harganya juga juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan tentu juga murah), jika orderan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentu auto ditambah biaya kirim.

Kendala para pebisnis kerajinan kuningan tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil dapat memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan kuningan. Disaat harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan kuningan jg mahal. Permasalahan lainnya, pebisnis Cepogo-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama customer dapat mendapat harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dapat eksis meski minim untung. Oleh sebab tersebut, pengrajin kerajinan tembaga selalu berdoa stabilitas ekonomi selalu stabil shngg tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan kuningan wajib kreatif and wajib memantau permintaan pasar. Masa ini AA Gallery tak sekadar mendapat orderan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan dekorasi rumah namun telah merambah pd pengerjaan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga terbilang besar. Tentang design kubah dapat menyesuaikan keinginan customer.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan yakni AA Gallery mendapat kepercayaan untuk membuat and memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tak sekadar satu sahaja tapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut telah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka selanjutnya menjadi pusat kegiatan and ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman sejak th 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan kuningan dari kediri. Bermodalkan pengalaman puluhan th berkarya seni logam, AA Gallery semakin mengetahui teknik untuk membuat seni logam yang bermutu and sesuai yang diharapkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar