Jumat, 13 Maret 2020

Bisnis Kerajinan Logam Tembaga Melayani Prospek Kota Palembang

Bisnis Kerajinan Logam Tembaga Melayani Prospek Kota Palembang . Kampung Tumang, Cepogo posisinya diapit kaki gunung Merapi dan Merbabu yang termahsyur . Kampung tsb disebut sbg sentra ahli seni tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam tembaga sudah menyatu pd khalayak Tumang, Cepogo. Beberapa keluarga Cepogo mendirikan kerja di rumah kerajinan logam buat dijual ke banyak konsumen. Ketrampilan menempa logam dipunyai secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa khalayak Tumang memulai kerja kerajinannya dengan sekedar menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga diantaranya dandang, panci, ceret, & lain-lain namun saat ini sudah mengubah haluan ke kerajinan logam tembaga buat kebutuhan ornamen cafe, rumah, & lainnya.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Cepogo, baru-baru ini, mulai menarik dengan meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan lokal dan juga internasional. Kerja kerajinan ukir tembaga semakin berkembang tak terelakan. Banyak permintaan datang dari banyak daerah di Negeri Kita & manca negara. Orderan kerajinan kuningan bertambah cukup signifikan ini karena oleh banyak faktor, diantaranya yakni munculnya teknologi dunia maya. Dgn munculnya teknologi website maka ingin menolong para industri kerajinan logam buat mempromosikan produknya ke semua daerah & banyak negara. Teknologi website begitu menolong para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yang terbantu yakni AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan kuningan ke sukabumi. Nggak sekedar tsb saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke gunung sitoli.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, & lain-lain. Customer jg dapat mengorder kerajinan tembaga sesuai dengan kemauannya. Mereka dapat memiliki desain sendiri kemudian AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam tembaga tsb. Harga kerajinan tembaga begitu bervariasi namun AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan tembaga ditentukan oleh banyak faktor. Diantaranya sbb ini yakni beberapa faktor yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin tinggi karena bahan baku yang dimanfaatkan juga banyak, demikian jg sebaliknya semakin mini tentu saja harganya jg murah karena bahan yang dimanfaatkan jg sedikit), level kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin gampang, harganya jg menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan tentu saja semakin murah), untuk permintaan dari daerah lainnya di luar Tumang tentu saja auto dikenai biaya kirim.

Kendala para ahli kerajinan logam tembaga tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil dapat mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Disaat harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam tembaga jg naik. Permasalahan lainnya, ahli Boyolali-Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama konsumen dapat memperoleh harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka ahli tembaga dapat eksis walaupun demikian minim untung. Oleh karena tsb, pengusaha kerajinan tembaga tetap ingin stabilitas ekonomi tetap stabil shngg tdk mengganggu kerja kerja kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan logam tembaga diharuskan kreatif & diharuskan menyesuaikan keinginan pasar. Sekarang AA Gallery tdk sekedar memperoleh permintaan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan buat kebutuhan dekorasi kantor tetapi sudah merambah pd pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid jg terbilang besar. Mengenai hiasan kubah dapat menyesuaikan keinginan konsumen.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menarik yakni AA Gallery memperoleh kepercayaan buat menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tdk sekedar satu sahaja melainkan banyak.

Islamic Center tsb sudah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center tsb maka setelah itu menjadi sentra aktivitas & ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, saat ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk memperoleh permintaan kerajinan tembaga dari bukit tinggi. Berbekal pengalaman berpuluh tahun th membuat kerajinan kuningan, AA Gallery semakin paham cara guna menghasilkan kerajinan kuningan yang memiliki kualitas & sesuai yang diharapkan oleh seluruh konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang penting konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar